Selasa 16 Sep 2014 14:30 WIB

Timnas U-19 Berharap Atletico Madrid Main Serius

Red:

JAKARTA -- Timnas U-19 akan melakoni laga perdana tur Spanyol dengan melawan Atletico Madrid B di Lapangan Campus de Verano, Ciudad Deportivo Atletico de Madrid, Selasa (16/9) malam WIB. Uji coba ini merupakan rangkaian persiapan skuat Garuda Jaya untuk menuju putaran final Piala Asia U-19 di Myanmar, Oktober mendatang.

Pelatih timnas U-19 Indra Sjafri berharap Atletico Madrid B dapat menurunkan para pemain terbaiknya dalam laga nanti. Ini penting agar Evan Dimas dan kawan-kawan benar-benar bisa mendapat pengalaman bertanding melawan tim yang levelnya berada di atas.

Indra tidak mematok target berupa hasil akhir pada laga ini. Sebab, uji coba ini menjadi simulasi bagi para penggawa skuat Garuda Jaya untuk menghadapi Piala Asia. Indra ingin melihat sejauh mana kemampuan timnya saat bertanding melawan tim yang memiliki kecepatan.

"Saya berharap Atletico mau bermain dengan memainkan bola-bola pendek dengan kecepatan dan service passing sehingga bisa menjadi tantangan baru. Atletico kan biasanya main long pass," kata Indra dalam rilis yang disampaikan Nine Sport selaku promotor.

Selain itu, Indra meminta para pemainnya membayangkan seolah tengah menghadapi lawan pada Piala Asia U-19 di Myanmar nanti. "Yang kita simulasikan dengan lawan-lawan kita di Spanyol ini adalah bagaimana kita membayangkan yang kita lawan itu nanti adalah tim-tim yang kita hadapi nanti di Piala Asia. Tentu, apa yang kita lakukan selama ini, itu yang akan kita kembangkan nanti," tutur Indra.

Ravi Murdianto dan kawan-kawan saat ini masih beradaptasi dengan perbedaan waktu di Kota Madrid. "Kami berlatih jam lima sore di sini. Itu berarti di Jakarta jam 10 malam. Mudah-mudahan anak-anak bisa cepat beradaptasi," katanya.

Pada Piala Asia U-19 di Myanmar, Oktober nanti, Indonesia akan berada di Grup B bersama Uzbekistan, Australia, dan Uni Emirat Arab. Ketiga tim ini memiliki karakteristik mirip, yakni mengandalkan bola-bola atas untuk mengeksploitasi kekurangan timnas U-19 dalam sisi postur. Indra berharap anak-anak mendapatkan ujian itu ketika melawan Atletico.

Indra mengaku puas dengan fasilitas yang diterima para pemainnya pada latihan perdana di Kota Madrid. Timnas U-19 yang tiba di Madrid pada Sabtu (13/9) berlatih di lapangan latihan Atletico Madrid pada Ahad (14/9) sore waktu Madrid atau malam WIB.

"Alhamdulillah, kita sudah mulai latihan perdana pada sore hari jam 5 waktu di sini. Kita mendapatkan fasilitas lapangan yang bagus. Bahkan, mereka juga menyediakan bola dan peralatan yang kita butuhkan," kata Indra.

Saat latihan, Indra tak memberikan porsi latihan berat mengingat para pemainnya sebagian besar masih jet lag dan menyesuaikan waktu Madrid yang lebih lama lima jam dibandingkan Jakarta.

Seusai berlatih, para pemain merendam kaki mereka di air es. Di lapangan latihan ini, mereka memakai bak air portabel berukuran sekitar 1,5x 3 meter yang bisa menampung sekitar 12 pemain sekaligus.

Timnas U-19 kemungkinan besar tidak akan bisa diperkuat gelandang Zulfiandi. Sang gelandang  belum pulih dari cedera kaki yang didapatnya saat menjalani sesi latihan di Jakarta sebagai persiapan ke Spanyol.Awan Setho sudah dipastikan absen karena mengalami cedera dislokasi jari tangan kelingking kiri.

rep:satria kartika yudha ed: fernan rahadi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement