Senin 22 Sep 2014 14:05 WIB

Microsoft Tunda Peluncuran Xbox One di Cina

Red: Yudha Manggala P Putra
Konsol game Xbox One
Foto: AP
Konsol game Xbox One

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Microsoft Corp mengumumkan menunda peluncuran Xbox One di Cina. Konsol game terbaru yang awalnya bakal dirilis Selasa (23/9) ini kemungkinan baru akan hadir di akhir 2014, demikian seperti dikutip Reuters.

Microsoft tidak membeberkan alasan penundaan tersebut. Belum dipastikan juga apa itu berkaitan dengan sejumlah masalah yang sedang dialami perusahaan tersebut di Cina.

Microsoft tengah diselidiki untuk dugaan pelanggaran anti-trust yang berkaitan dengan sistem operasi Windows dan Microsoft Office. Pemerintah Cina mencabut 2000 larangan tentang game konsol pada awal tahun ini.

Microsoft telah mencapai kesepakatan dengan pembuat TV internet Tiongkok, BesTV New Media untuk membentuk perusahaan patungan untuk memproduksi Xbox One di Free Trade Zone Shanghai tahun lalu.

Pada Juli, Microsoft mengatakan Xbox One tanpa sistem deteksi gerak Kinect akan dibanderol 3.699 yuan (602,37 dolar), sedangkan Xbox One dengan Kinect akan dihargai 4.299 yuan (700 dolar).

Cina adalah pasar game terbesar ketiga di dunia, dengan pendapatan yang naik lebih dari sepertiga mulai tahun 2012 hingga mendekati 14 miliar dolar tahun lalu.

Namun, pembajakan dan dominasi PC dan game mobile menyisakan sedikit ruang untuk game konsol dan penjualan game.

Pada Mei, Sony mengatakan akan mendirikan perusahaan patungan dengan Shanghai Oriental Pearl Group untuk membawa PlayStation ke Cina, demikian Reuters.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement