Selasa 23 Sep 2014 12:00 WIB

DPD Diminta Kuatkan Peran Legislasi

Red:

JAKARTA -- Wewenang Dewan Perwakilan Daerah (DPD) lima tahun ke depan harus diperkuat. DPD ke depan diharapkan tidak hanya berwenang membahas undang-undang tapi juga ikut andil dalam mengambil keputusan.

"Harusnya lebih sejajar (dengan DPR). Bukan hanya membahas tapi membuat keputusan legislasi," kata anggota DPD asal Jawa Barat, Oni Suwarman, Senin (22/9).

Ono mengakui Ketua DPD Irman Gusman memiliki andil dalam penguatan peran DPD. Dia berharap siapa pun pimpinan DPD mendatang bisa mengupayakan penguatan peran DPD. "Jadi siapa pun pemimpinnya yang penting kebersamaan. Pak Irman sudah memiliki pengalaman," ujarnya.

Senada dengan Ono, anggota DPD asal Sulawesi Utara, Maya Rumantir, menilai Irman telah berhasil menjadikan wewenang DPD setara dengan DPR. "Pemimpin sekarang sudah memperjuangan penguatan wewenang DPD," kata Maya.

Maya mengatakan, Irman masih berpotensi menjadi ketua DPD periode 2014-2015. Sebab, menurutnya, Irman merupakan figur pemimpin yang memiliki kepribadian baik dan bisa dijadikan teladan. "Beliau punya kepribadian yang baik, hidupnya bagus dan keluarganya. Pemimpin itu harus jadi teladan," ujar Maya. rep:muhammad akbar wijaya ed: muhammad fakhruddin

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement