Jumat 26 Sep 2014 06:50 WIB

Indra Sjafri Jadi Insiprasi Film Garuda 19

Rep: MG ROL 27/ Red: Indira Rezkisari
Pelatih Indra Sjafri memberikan arahan kepada para pemain timnas U-19 di  Estadi Antonio Puchades, Valencia.
Foto: Nine Sport Inc
Pelatih Indra Sjafri memberikan arahan kepada para pemain timnas U-19 di Estadi Antonio Puchades, Valencia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film 'Garuda 19 Semangat Membatu' sudah merampungkan proses produksinya. “Film Garuda 19 kini sudah menyelesaikan pengambilan gambar di beberapa lokasi, yakni Jakarta, Yogyakarta, Pulau Alor, serta Konawe Selatan dan akan tayang serentak di bioskop seluruh Indonesia pada 9 Oktober 2014” kata produser film tersebut, Avisean Soelbi.

‘Garuda 19’  berawal dari kisah pelatih Indra Sjafri yang diperankan Mathias Muchus melakukan pencarian pemain ke pelosok daerah. Kemudian, mempersiapkan timnas Indonesia U-19 yang akan berlaga di Piala AFF 2013 Jawa Timur. Skuat Garuda Jaya meraih gelar juara Piala AFF 2013.

Perjalanan ini pun dirasakan oleh seluruh pemain, seperti Yazid, (anak muda asal Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara), Sahrul (anak Ngawi, Jawa Timur) dan Yabes (anak Alor, Nusa Tenggara Timur). Alam seakan membentuk mereka sebagai pemain bola. Yabes selalu berlari setiap habis berlatih bola dari lapangan di kota Alor menuju rumahnya di pegunungan. Yazid yang senang berenang dan bermain bola di pasir pantai. Dan Syahrul yang mengasah talentanya lewat pertandingan antar kampung.

Indra Sjafri dan tim pelatih menjemput mereka menjadi bagian bersama Evan Dimas dan kawan kawan dalam Garuda 19. Mereka sama-sama merasakan kepahitan dan kegembiraan selama pemusatan latihan. Indra Sjafri dan tim pelatih lainnya harus menaikkan mental dengan menyuntikkan semangat membatu. Termasuk bagaimana situasi perang urat syaraf ketika melawan Korea Selatan untuk menentukan nasib mengikuti Piala Asia Oktober 2014.

Selain Mathias Muchus, film yang ditulis Swastika Nohara tersebut juga didukung aktor Ibnu Jamil, Mandala Soji, Puadin Redi, Rea Aditya, Verdi Solaiman, Rendy Ahmad, Gazza Zubizareta, Yusuf Mahardika, Agri Firdaus, Amanda Ayunda, Bilqis Utari dan Beta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement