Sabtu 18 Oct 2014 17:52 WIB

Jumlah Korban Jiwa Akibat Topan Hudhud India Meningkat

Red: Yudha Manggala P Putra
Topan
Topan

REPUBLIKA.CO.ID, BHUBANESWAR, INDIA -- Jumlah korban tewas akibat topan yang melanda pantai timur India pekan lalu telah meningkat menjadi 41 orang, saat otoritas berjuang untuk memulihkan tenaga listrik, transportasi dan hubungan komunikasi.

Pemerintah juga sedang berupaya memperbaiki tempat tinggal 150.000 orang yang terpaksa meninggalkan rumah mereka.

Topan Hudhud melabrak pantai Negara Bagian Andhra Pradesh dan Odisha, menghancurkan puluhan ribu rumah terbuat dari lumpur dan jerami, dan meratakan persawahan padi, perkebunan pisang dan tebu.

"Listrik telah dipulihkan sekitar 60 persen dari daerah yang terkena. Dalam berikutnya tiga-empat hari kami berharap untuk mengembalikannya di semua tempat," kata AR Sukumar, kepala manajemen departemen bencana negara bagian Andhra Pradesh, kepada Reuters, Sabtu.

Sementara korban tewas melonjak menjadi 38 di Andhra Pradesh, para pejabat di Odisha mengatakan, jumlah orang yang meninggal di sana tidak berubah, tetap tiga orang.

Ujung ekor Hudhud berlanjut dan menyebabkan secara tiba-tiba badai salju yang parah jauh ke utara Nepal, menewaskan sedikitnya 30 orang di sirkuit Annapurna, Himalaya, yang populer dengan petualangan wisatawan asing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement