Sabtu 25 Oct 2014 22:00 WIB

Tujuh Tentara Lebanon, Tiga Sipil Cedera dalam Bentrokan di Tripoli

Red: Julkifli Marbun
Tank pasukan Lebanon memasuki Kota Arsal dekat perbatasan Suriah di Lembah Bekaa.
Foto: EPA
Tank pasukan Lebanon memasuki Kota Arsal dekat perbatasan Suriah di Lembah Bekaa.

REPUBLIKA.CO.ID, TRIPOLI -- Tujuh tentara tentara Lebanon, tiga warga sipil dan enam pria bersenjata Islamis terluka dalam bentrokan Jumat di area bersejarah kota utara Tripoli, kata seorang pejabat keamanan.

"Jumlah tentara yang terluka telah meningkat menjadi tujuh," kata pejabat itu, yang berbicara kepada AFP tanpa menyebut nama.

"Enam orang bersenjata terluka dan enam lainnya ditangkap," katanya, dan menambahkan, "Tiga warga sipil terluka dalam baku tembak."

Bentrokan yang awalnya meletus di souk (pasar tradisional) daerah Kota kedua Lebanon itu juga meluas ke daerah lain.

Jantung bersejarah Tripoli terdaftar oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Sejak perang di negara tetangga Suriah pecah pada tahun 2011, Tripoli telah menjadi ajang pertempuran reguler antara kelompok Sunni dan anggota minoritas Alawit Lebanon.

Gerilyawan Islam juga telah mengaktifkan tentara Lebanon, menuduhnya menargetkan Sunni dan bekerja sama dengan gerakan Syiah Hizbullah yang kuat.

Hizbullah telah mengirimkan ribuan pejuang ke Suriah untuk mendukung Presiden Bashar al-Assad.

Bentrokan Jumat adalah yang pertama sejak pecahnya perang Suriah untuk memecah di daerah Souk, yang secara tradisional merupakan situs wisata.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قَالَ اٰمَنْتُمْ لَهٗ قَبْلَ اَنْ اٰذَنَ لَكُمْۗ اِنَّهٗ لَكَبِيْرُكُمُ الَّذِيْ عَلَّمَكُمُ السِّحْرَۚ فَلَاُقَطِّعَنَّ اَيْدِيَكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ مِّنْ خِلَافٍ وَّلَاُصَلِّبَنَّكُمْ فِيْ جُذُوْعِ النَّخْلِۖ وَلَتَعْلَمُنَّ اَيُّنَآ اَشَدُّ عَذَابًا وَّاَبْقٰى
Dia (Fir‘aun) berkata, “Apakah kamu telah beriman kepadanya (Musa) sebelum aku memberi izin kepadamu? Sesungguhnya dia itu pemimpinmu yang mengajarkan sihir kepadamu. Maka sungguh, akan kupotong tangan dan kakimu secara bersilang, dan sungguh, akan aku salib kamu pada pangkal pohon kurma dan sungguh, kamu pasti akan mengetahui siapa di antara kita yang lebih pedih dan lebih kekal siksaannya.”

(QS. Taha ayat 71)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement