Rabu 05 Nov 2014 21:18 WIB

Kaltim Khususkan Pendidikan Perbatasan

Red: Muhammad Hafil
Suasana belajar di sebuah sekolah.
Suasana belajar di sebuah sekolah.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA --  Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan memberikan perhatian khusus kepada sektor pendidikan di Kabupaten Mahakam Ulu yang berada di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia.

"Perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi Kaltim untuk Kabupaten Mahakam Ulu itu berupa empat program di sektor pendidikan agar ke depan mutu pendidikan di daerah itu meningkat," kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim  Musyahrim , Rabu (5/11).

Musyahrim mengatakan, Kabupaten Mahakam Ulu merupakan daerah otonom baru (DOB) di Kaltim hasil pemekaran Kabupaten Kutai Barat. Karenanya,  dari sisi pendidikan perlu perhatian khusus agar tidak tertinggal dengan kabupaten lain.

Menurut Musyahrim keempat program yang akan diterapkan di Mahulu adalah, pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi tenaga pendidik baik SD, SMP, maupun SMA yang akan dikirim ke Kabupaten Mahakam Ulu.

Selain itu, kata dia, program untuk mengantisipasi kekurangan guru di kawasan perbatasan, melalui program pendampingan guru dan tenaga pengajar dengan sistem kontrak terlebih dahulu.

Program lainnya adalah akan dibangunnya mess guru. Bila perlu, akan dibangun di wilayah tertentu yang belum lengkap sekolahnya, seperti sekolah terpadu untuk jenjang SD, SMP dan SMA. Jika memungkinkan model pengajaran jarak jauh juga bisa diterapkan dengan menggunakan teknologi informasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement