Kamis 13 Nov 2014 17:35 WIB

Kurangi Kebiasaan Makan Cepat dengan Cara Ini (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Kebiasaan makan cepat ini jika ditelusuri biasanya dimulai sejak masa kanak-kanak.
Foto: AP
Kebiasaan makan cepat ini jika ditelusuri biasanya dimulai sejak masa kanak-kanak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang cenderung lebih berat badannya karena faktor suka makan banyak dan mengunyahnya dalam tempo cepat. Ya, orang-orang ini perlu beberapa tips untuk mencegah makan lebih cepat dan menanamkan kebiasaan makan pelan-pelan dan lebih lambat.

Kebiasaan makan cepat ini jika ditelusuri biasanya dimulai sejak masa kanak-kanak. Mereka terbiasa makan dalam rentang waktu 6-7 menit.

Namun, hal ini bukan satu-satunya alasan mengapa seseorang makan begitu cepat. Ada alasan lain, seperti mereka mudah lapar, atau menghadapi makanan-makanan yang cukup lezat sehingga membuatnya sulit menyetop makanan. Perut biasanya membutuhkan 20 menit atau lebih untuk memproses makanan. Perut kemudian mengirimkan sinyal ke otak bahwa mereka sudah kenyang.

ROLers, berikut adalah sejumlah tips yang bisa membantu Anda untuk memperlambat kecepatan makan Anda, dilansir dari My Health Tips, Kamis (13/11).

4. Telan suapan pertama baru masuk ke suapan kedua

Anda harus mengunyah, menghabiskan dan menelan suapan makanan Anda yang pertama. Setelah mulut kosong, Anda baru boleh menyuap makanan kedua. Jangan membuat mulut Anda penuh padahal makanan yang sebelumnya Anda kunyah belum habis.

5. Letakkan makanan di mulut baru gigit

Ini adalah salah satu kebiasaan lain yang memperlambat kecepatan makan Anda. Suaplah satu demi satu makanan Anda. Misalnya, pertama Anda menyuap nasi, baru memasukkan ikan, baru memasukkan sayur. Ini akan memperlambat waktu makan Anda dan memberikan kesempatan Anda menikmati betul menu makanan Anda.

6. Minum air

Anda disarankan membiasakan diri untuk meneguk air ketika mengunyah makanan. Ini akan memperlambat kecepatan makan Anda, dimana makanan yang Anda konsumsi juga bersamaan dengan air yang akan membuat perut Anda penuh.

Makan lebih lambat dikatakan memiliki hasil positif dalam menurunkan berat badan, namun juga sulit bagi orang yang sudah terbiasa makan cepat, sehingga mereka membutuhkan praktik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement