Ahad 16 Nov 2014 09:24 WIB

Kapal Ini Pernah Miliki Toko Buku

Rep: c 66/ Red: Indah Wulandari
KM Kelud
Foto: pelni
KM Kelud

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kapal KM Kelud pernah memiliki sebuah toko buku. Toko itu terletak di dek nomor 6 kapal buatan Jerman yang digunakan oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) pada 1988.

Pada mulanya, toko ini menjadi fasilitas tambahan dalam kapal. Fungsi toko buku itu, salah satunya untuk menghilangkan kejenuhan penumpang, terutama yang berada dalam perjalanan panjang. 

Namun, keberadaan toko buku tersebut tidak lama. Hanya sekitar empat tahun, toko yang bekerjasama dengan salah satu perusahaan besar swatsa yang bergerak di bidang buku Indonesia itu harus gulung tikar.

"Toko buku ini hanya bertahan sebentar, sayang minat baca orang-orang mulai berkurang jadi tidak bisa diadakan lagi," ujar mualim 1 KM Kelud Tomy Nurad, Jumat (14/11).

Ia menjelaskan awalnya, toko buku itu cukup banyak didatangi oleh penumpang. Selain karena letaknya yang strategis karena berada di luar ruangan dalam dan menghadap laut, namun penumpang yang datang dapat lebih dulu membaca buku yang dijual.

Sejauh ini, PT Pelni belum ada rencana untuk menghidupkan salah satu sarana membaca masyarakat tersebut. Hal itu karena belum ada distributor buku yang hendak kembali bekerjasama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement