Selasa 18 Nov 2014 08:54 WIB

Masalah Tuntutan Tanah Hak Ulayat Hambat Investasi

Red: Chairul Akhmad
Warga Papua
Foto: Antara
Warga Papua

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK – Masalah tuntutan ganti rugi kepemilikan hak ulayat tanah adat di berbagai kabupaten dan kota di Papua seringkali menjadi penyebab terhambat kegiatan investasi di daerah tersebut.

"Peran dewan adat diharapkan bisa membantu pemerintah dalam mengatasi munculnya tuntutan hak ulayat tanah adat sehingga kondisi ini menyulitkan investor menanamkan modalnya di Papua," kata Asisten I Sekretaris Daerah Pemprov Papua, Doren Wakerkwa, di Biak, Selasa (18/11).

Ia mengatakan pemerintah mengajak peran lembaga adat untuk membantu mengatasi masalah tuntutan ganti rugi tanah adat yang sering muncul di suatu tempat.

Doren berharap, peran dan fungsi lembaga adat bisa dioptimalkan di setiap kabupaten/kota sehingga dapat menjadi mediator, membantu pemerintah setempat dalam mengatasi persoalan tuntutan ganti rugi hak ulayat.

Doren mengatakan melalui pendekatan adat yang sedang diintensifkan, Pemprov Papua dapat meredam konflik terkait denga tuntutan ganti rugi tanah. "Ya untuk mengatasi penyelesaian tuntutan ganti rugi tanah hak ulayat diperlukan komitmen bersama pemerintah, lembaga adat, serta pemangku kepentingan lainnya," ujarnya.

Ia berharap, pelaku bisnis yang akan berinvestasi di berbagai daerah untuk berkomunikasi dengan pemkab serta lembaga adat. Hal itu untuk mendukung rencana usaha yang bersangkutan dalam berinvestasi di wilayah masyarakat adat setempat.

"Kabupaten dan kota di Provinsi Papua sangat berharap kehadiran investor sehingga berdampak dengan tersedianya lapangan kerja baru," katanya.

Ia mengharapkan kegiatan investasi daerah mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal itu, sesuai dengan misi dan visi Gubernur Lukas Enembe, yakni mewujudkan masyarakat Papua bangkit, mandiri, dan sejahtera.

Berdasarkan data, berbagai tuntutan kasus ganti rugi tanah adat hingga saat ini bermunculan, di antaranya ganti rugi tanah sekolah, fasilitas perkantoran pemerintah, serta permukiman warga.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ اِلٰى نِسَاۤىِٕكُمْ ۗ هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ ۗ عَلِمَ اللّٰهُ اَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُوْنَ اَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۚ فَالْـٰٔنَ بَاشِرُوْهُنَّ وَابْتَغُوْا مَا كَتَبَ اللّٰهُ لَكُمْ ۗ وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّٰى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِۖ ثُمَّ اَتِمُّوا الصِّيَامَ اِلَى الَّيْلِۚ وَلَا تُبَاشِرُوْهُنَّ وَاَنْتُمْ عَاكِفُوْنَۙ فِى الْمَسٰجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُوْدُ اللّٰهِ فَلَا تَقْرَبُوْهَاۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُوْنَ
Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima tobatmu dan memaafkan kamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah bagimu. Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam. Tetapi jangan kamu campuri mereka, ketika kamu beriktikaf dalam masjid. Itulah ketentuan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, agar mereka bertakwa.

(QS. Al-Baqarah ayat 187)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement