Kamis 20 Nov 2014 00:50 WIB

Menteri Susi Minta Pemimpin Daerah Lindungi Bakau

Rep: C54/ Red: Yudha Manggala P Putra
Hutan Bakau
Foto: ANTARA
Hutan Bakau

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA--Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta pemerintah daerah memberi perlindungan dan budidaya yang maksimal terhadap ekosistem bakau (mangrove) di daerah masing-masing.

Bagi mereka yang sudah berupaya optimal, Menteri Susi meminta para pemimpin daerah membuat perda perlindungan bakau agar tidak diganggu-gugat para pengganti mereka.

"Saya berpesan, mohon buat peraturan yang melindungi mangrove. Mangrove tidak boleh ditebang, mangrove adalah fishing ground, pelindung abrasi," ujar Susi didepan ratusan hadirin Konfrensi Nasional ke-9 Pengelolaan Sumberdaya Pesisir, Laut dan Pulau-Pulau Kecil, di Surbaya, Rabu (19/10).

Susi punya cerita, di daerah Sagara Anakan tahun 1990, warga pesisir terkena wabah malaria besar-besaran hingga puluhan orang meninggal dunia. Hal tersebut, menurut dia, karena hutan bakau yang menjadi habitat nyamuk, saat itu dibabat untuk dialihfungsikan.

"Jadi saya mengimbau, semua yang Anda lakukan dengan mangrove, mohon dilindungi dengan peraturan," ujar menteri nyentrik itu.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا تُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ تَوْبَةً نَّصُوْحًاۗ عَسٰى رَبُّكُمْ اَنْ يُّكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۙ يَوْمَ لَا يُخْزِى اللّٰهُ النَّبِيَّ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗۚ نُوْرُهُمْ يَسْعٰى بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَبِاَيْمَانِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَآ اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَاۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak mengecewakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengannya; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka berkata, “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.”

(QS. At-Tahrim ayat 8)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement