Rabu 26 Nov 2014 11:15 WIB

Cantik dengan Kebaya Bali

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Wanita Bali mengenakan kebaya khas Pulau Dewata dengan ciri khas sabuk di bagian pinggangnya.
Foto: M Akbar/Republika
Wanita Bali mengenakan kebaya khas Pulau Dewata dengan ciri khas sabuk di bagian pinggangnya.

REPUBLIKA.CO.ID, Ingin menghadiri acara resmi atau resepsi pernikahan, tapi bingung memilih kebaya yang mana? Pakar pendidikan, sekaligus pemerhati busana tradisional, Mien Uno, mengajak melirik kebaya bali.

Kebaya bali tergolong unik. Bentuknya sebenarnya cukup mirip dengan kebaya jawa yang sering terlihat. Namun, kebaya bali berbeda dengan sentuhan khas Tanah Pulau Dewata.

Agar tampil cantik dan terkesan modern, Mien R Uno memberikan tips menggunakan kebaya Bali seperti yang tertera dalam bukunya yang baru saja diluncurkan bertajuk 'Kebayaku'. Simak yuk, tipsnya.

Menurut ibunda pengusaha, Sandiaga Uno, inspirasi kebaya Bali dihadirkan melalui siluet klasik serta aplikasi kutubaru dan modifikasi leher yang unik. Warna kebaya renda yang cantik pun terlihat kian menawan saat berpadu dengan kain yang mengandung unsur warna komplementer.

Sebagai aksen, bisa mengenakan selendang panjang yang dililitkan pada pinggang atau sabuk pending warna emas atau perak.

Kemudian percantik kebaya dengan menyematkan bros berdesain kontemporer yang unik. Tambahkan pula anting dalam sentuhan warna yang serasi dengan bros.

Kemudian, sempurnakan tampilan kebaya dengan selop bertumit tinggi yang serasi. Jangan lupa bawa tas tangan bag abu-abu tua yang menjadi penyempurna penampilan yang istimewa ini. Selamat mencoba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement