Kamis 04 Dec 2014 14:46 WIB

Taylor Swift Rebut Kembali Puncak Billboard 200

Red: Citra Listya Rini
Taylor Swift
Foto: ap
Taylor Swift

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES  --  Penyanyi Taylor Swift berhasil naik kembali ke posisi teratas tangga album Amerika Serikat Billboard 200 yang belum lama ini berubah.

Album lagu milik Swift "1989" melompat dari posisi No.2 ke No.1 minggu ini dengan total penjualan album sebanyak 339 ribu unit, menurut penjualan album fisik, penjualan lagu digital dan angka online streaming yang disusun oleh Nielsen SoundScan.

Penentuan urutan tangga album Billboard 200 mingguan, yang sebelumnya diukur hanya dengan penjualan album musik AS secara fisik dan digital, sekarang akan mencakup penghitungan lagu-lagu digital juga.

Ada pun cara penghitungannya adalah penjualan 10 lagu digital dianggap sama dengan penjualan satu unit album, dan untuk angka penjualan melalui "online streaming" ditetapkan 1.500 berkas sama dengan satu unit album.

Untuk album "1989" minggu ini, ada 281.000 kopi album penuh yang terjual, 580 ribu lagu yang dibeli secara satuan, dan 36 ribu berkas musik dari album "1989".

Angka streaming lagu-lagu Swift yang semakin rendah disebabkan penyanyi itu menghapus seluruh katalog musiknya dari situs besar"online streaming, Spotify.

Grup acappella Pentatonix naik satu peringkat ke posisi No.2 dengan album "That's Christmas to Me" terjual sebanyak 227 ribu unit, sementara penyanyi rap Eminem berada di urutan No.3 dengan album ShadyXV" terjual sebanyak 148.000 unit.

Sementara itu, juara tangga album minggu lalu, boy band asal Inggris One Direction turun ke posisi No.4 minggu ini dengan album "Four" yang hanya terjual sebanyak 125 ribu unit.

Beberapa album baru lainnya yang masuk dalam daftar 10 teratas Billboard 200 pekan ini, antara lain penyanyi rap Rick Ross di posisi No.6 dengan album "Hood Billionaire", dan penyanyi R&B Beyonce di urutan No.8 dengan album "Beyonce: More Only EP".

Pada grafik lagu digital, lagu Taylor Swift yang berjudul "Blank Space" memegang posisi teratas dengan penjualan 342 ribu kopi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement