Jumat 19 Dec 2014 11:08 WIB

Bendera Merah Putih Terbesar Dunia Berkibar di Monas

Rep: c97/ Red: Esthi Maharani
Bendera Merah Putih
Foto: Antara
Bendera Merah Putih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Bendera Merah Putih dengan ukuran 2250 meter persegi berhasil dikibarkan di tugu Monumen Nasional (monas). Pengibaran bendera tersebut memecahkan Rekor Muri dan Dunia. Penghargaan tersebut diberikan kepada Menteri Pertahanan.

Pengibaran Sang Saka Merah Putih terbesar di dunia itu sengaja dilaksanakan untuk memeriahkan hari bela negara, Jumat (19/12). Penarikan bendera dipimpin oleh Crish John. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat dalam negeri yang juga ikut menarik tali bendera. Diantaranya Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahya Purnama, Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Menteri Pertahanan, dan sejumlah Pejabat Tinggi TNI.

"Bela negara adalah kewajiban TNI. Tapi itu juga perlu dilakukan seluruh masyarakat Indonesia," tutur Ahok menanggapi pelaksanaan acara yang diselenggarakan di lapangan Monumen Nasional itu. Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian pertahanan ini sengaja digelar untuk meningkatkan kesadaran membela tanah air dan kecintaan warga terhadap negara.

Selain pengibaran bendera terbesar, acara tersebut menampilkan demo masal. Berbagai bentuk atraksi bela negara disuguhkan. Mulai dari terjun payung, pencak silat, dan marching band.

Dalam agenda besar ini dikukuhkan pula tim bela negara serta menyerahterimaan pembinaan dan pengembangan Resimen Mahasiswa kepada empat Kementerian. Instansi negara tersebut adalah Kementerian Riset Dikti, Kementerian Pertahanan, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Pemuda dan Olah Raga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement