Sabtu 20 Dec 2014 08:27 WIB

Uni Eropa Belum Putuskan Sanksi Baru Untuk Rusia

Red: Esthi Maharani
Francois Hollande
Foto: ap
Francois Hollande

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Para pemimpin Uni Eropa belum membuat keputusan tentang sanksi-sanksi baru terhadap Rusia. Mereka juga belum memutuskan apakah akan diberikan pelonggaran sanksi terhadap Rusia. 

Presiden Prancis Francois Hollande mengatakan keputusan tersebut akan sangat tergantung pada sitausi di Ukraina. 

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menandatangani Undang-Undang kebebasan Ukraina. Meski begitu, Gedung Putih menyatakan tidak ada niatan untuk mengenakan sanksi baru terhadap Rusia. 

Holannde pun mengatakan "Tidak ada sanksi-sanksi baru, karena mereka tidak boleh. Memperingan sanksi akan tergantung pada penegasan kemajuan kami," 

Pada Kamis, seorang diplomat Eropa mengatakan kepada RIA Novosti bahwa pada pertemuan puncak di Brussels, dan para kepala Uni Eropa akan mendiskusikan pengurangan sanksi yang dikenakan pada Rusia.

Uni Eropa mengadopsi beberapa putaran sanksi terhadap Rusia atas dugaan peran Moskow dalam krisis Ukraina. Sanksi-sanksi menargetkan sektor perbankan, energi dan pertahanan, selain individu-individu tertentu. 

Rusia telah berulang kali membantah keterlibatannya dalam urusan internal Ukraina.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا ضَرَبْتُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ فَتَبَيَّنُوْا وَلَا تَقُوْلُوْا لِمَنْ اَلْقٰىٓ اِلَيْكُمُ السَّلٰمَ لَسْتَ مُؤْمِنًاۚ تَبْتَغُوْنَ عَرَضَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۖفَعِنْدَ اللّٰهِ مَغَانِمُ كَثِيْرَةٌ ۗ كَذٰلِكَ كُنْتُمْ مِّنْ قَبْلُ فَمَنَّ اللّٰهُ عَلَيْكُمْ فَتَبَيَّنُوْاۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرًا
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu pergi (berperang) di jalan Allah, maka telitilah (carilah keterangan) dan janganlah kamu mengatakan kepada orang yang mengucapkan ”salam” kepadamu, ”Kamu bukan seorang yang beriman,” (lalu kamu membunuhnya), dengan maksud mencari harta benda kehidupan dunia, padahal di sisi Allah ada harta yang banyak. Begitu jugalah keadaan kamu dahulu, lalu Allah memberikan nikmat-Nya kepadamu, maka telitilah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.

(QS. An-Nisa' ayat 94)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement