Kamis 22 Jan 2015 12:16 WIB

Genjot Produksi Jamur Tiram dengan Karung Goni

Red: Yudha Manggala P Putra
Jamur Tiram
Foto: .
Jamur Tiram

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kondisi lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan jamur tiram adalah suhu dan kelembapan ruangan. Untuk mendapatkan yang sesuai, petani biasanya  menggunakan mesin pendingin. Namun perangkat itu memakan biaya dan energi besar.

Tim peneliti dari Departemen Teknik Mesin dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (Fateta IPB) mengungkapkan metode lebih murah untuk mengendalikan suhu dan kelembapan ruangan tersebut. Caranya dengan menggunakan karung goni basah.

“Penggunaan karung goni basah untuk menstabilkan suhu di dalam kumbung dapat meningkatkan produktivitas jamur tiram,” ujar Manunggal Ajie Putrantor salah satu peneliti. Riset yang dilakukannya bersama Mad Yamin ini sudah dipublikasikan di Jurnal Keteknikan Pertanian Volume 26 tahun 2012.

Cara memanfaatkan karung goni sebagai media pendingin ruangan adalah dengan menyimpannya di lantai di sela-sela rak jamur tiram. Tujuannya adalah untuk menjaga suhu serta kelembapan yang ideal untuk pertumbuhan jamur tiram.

Kemudian, aliri karung goni tersebut dengan air secara berkala menggunakan timer dan pompa melalui pipa yang sudah dibolongi. Ini bertujuan untuk mengkondisikan karung goni agar tetap basah.

“Pada siang hari, air yang tertampung pada karung goni akan menguap dan berubah menjadi uap-uap air. Uap air tersebut mengakibatkan suhu di sekitarnya turun. Hal ini terjadi secara kontinyu karena air yang mengaliri karung goni diatur secara berkala”, terangnya.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi, Manunggal menyarankan pada saat melakukan pembudidayaan, intensitas penyiraman tergantung kondisi kumbung. Penempatan karung goni di sela-sela rak dan pada konstruksi bangunan di tempat yang panas, sebaiknya tidak menggunakan atap asbes melainkan menggunakan atap genteng

“Panen jamur tiram tanpa perlakuan sebanyak 75 baglog hanya mendapatkan 16,5 kilogram. Sedangkan pada jamur tiram yang mendapatkan perlakuan karung goni, hasil panennya sebesar  23,5 kilogram”, kata Manunggal membeberkan hasil yang didapat ketika menggunakan metode karung goni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement