Rabu 11 Feb 2015 14:18 WIB

Saudara Gubernur Guerrero Meksiko Ditangkap

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Polisi Meksiko
Foto: anp/afp
Polisi Meksiko

REPUBLIKA.CO.ID, MEEXICO CITY -- Pihak berwenang Meksiko menangkap saudara laki-laki mantan Gubernur Guerrero Angel Aguirre dengan tuduhan penggelapan dana, Selasa (10/2). Ia diduga terlibat dalam penggelapan dana sebesar 287 juta peso (sekitar 19,2 juta dolar AS).

Carlos Aguirre dan beberapa rekannya diduga menyalurkan dana pemerintah ke perusahaan-perusahaan yang mempekerjaan anggota keluarganya. Uang tersebut kemudian dialihkan ke rekening kelompok.

Pihak berwenang mengatakan penggelapan dana dilakukan antara 2012 hingga 2014. Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto telah berjanji menindak segala bentuk korupsi ketika ia mulai menjabat pada 2012.

Namun, inisiatif tersebut belum bisa dibuktikan karena Nieto menghadapi krisis politik pasca skandal bunga bank. Awal bulan ini ia mengumumkan investigasi atas rumah yang ia beli bersama istri dan menteri keuangannya.

Rumah tersebut dibeli dari kontraktor pemerintah. Hal ini kemudian memicu kemarahan publik.

Carlos Aguirre adalah saudara mantan gubernur Angel Aguirre yang mundur pada Oktober lalu karena terlibat pembunuhan 43 mahasiswa di wilayahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement