Ahad 15 Feb 2015 06:41 WIB

Gemuk Saat Bekerja? Jangan-jangan Anda Stres

Rep: c01/ Red: Dwi Murdaningsih
Mengelola stres di tempat kerja diperlukan agar bisa bekerja lebih baik tanpa tekanan yang membebani diri.
Foto: Musiron/Republika
Mengelola stres di tempat kerja diperlukan agar bisa bekerja lebih baik tanpa tekanan yang membebani diri.

REPUBLIKA.CO.ID, Anda tidak sendirian jika merasa tertekan dengan beban pekerjaan harian. Pasalnya, berdasarkan hasil survei yang dilakukan British Heart Foundation, jutaan karyawan lainnya menyebut beban pekerjaan membuat mereka setres, kelelahan bahkan berdampak kegemukan.

Karena beban pekerjaan pula, 40 persen dari mereka mengaku mereka makan makanan tak bergizi dalam lima tahun terakhir sejak bekerja. Selain itu, mereka menjadi banyak merokok, meminum banyak alkohol, dan mengabaikan olahraga. Gaya hidup yang tidak sehat bahkan memunculkan guyonan bahwa mereka bisa amti muda karena pekerjaannya.

Oleh karena itu, British Heart Foundation menyarankan para perusahaan untuk mendorong staf mereka menghabiskan 10 menit per hari untuk memperbaiki gaya hidup mereka. Survei juga menunjukkan, 60 persen dari pekerja sering lembur tanpa dibayar, dengan dua dari sepuluh orang bekerja lebih dari lima jam lembur dalam seminggu.

Sementara, hampir seperempat dari mereka mengatakan pekerjaan telah menyebabkan mereka minum lebih banyak alkohol serta satu dari sepuluh orang mengatakan pekerjaan menjadi pemicu untuk merokok lebih banyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement