Selasa 17 Feb 2015 23:12 WIB

Alasan Warga Papua Menetap di PNG

Red: Agung Sasongko
Map of Papuan and West Papuan provinces in Indonesia (red circle)
Foto: cia.gov
Map of Papuan and West Papuan provinces in Indonesia (red circle)

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Sekitar sepuluh ribuan warga asal Papua kini masih bermukim di berbagai wilayah di Papua Nugini (PNG), jumlah itu sudah berkurang karena banyak yang kembali ke kampung halamannya di Papua. Demikian laporan Kepala Badan Perbatasan dan Kerja sama Luar Negeri Pemprov Papua Suzanna Wanggai di Jayapura, Selasa (17/2).

Ia mengatakan,walaupun masih banyak warga asal Papua yang bermukim di PNG namun hingga kini belum ada rencana untuk memulangkan mereka karena saat ini mereka memilih kembali ke kampung halamannya. "Kami tidak lagi memprogramkan untuk memulangkan mereka, apalagi beberapa orang diantaranya merasa nyaman sehingga memilih untuk menetap di negara tetangga," kata Susi, panggilan akrab Suzanna.

Menurutnya, sebagian besar warga asal Papua itu bermukim di sekitar Kiungga, Western Provinsi, PNG. Wilayah itu sendiri berada di sekitar selatan Papua. Ketika ditanya tentang warga PNG yang bermukim di wilayah Papua, Susi Wanggai mengaku dari laporan yang diterimanya sudah tidak ada lagi warga PNG yang bermukim di Indonesia.

Namun tidak tertutup kemungkinan masih ada warga PNG yang bermukim dan membaur dengan masyarakat yang juga merupakan sanak keluarganya, aku Susi Wanggai. Wilayah Papua yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini antara lain Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Pegunungan Bintang dan Kabupaten Boven Digul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement