Rabu 18 Feb 2015 23:55 WIB

Yuk...Kenali Permainan Tradisional Indonesia di CFD Jakarta

Red: M Akbar
permainan tradisional
Foto: istimewa
permainan tradisional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda masih mengetahui permainan tradisional dari negeri ini? Jika Anda ingin mengetahuinya lebih banyak maka sempatkan waktu ke acara Car Free Day (CFD) yang digelar di seputaran Bundaran Hotel Indonesia Jakarta pada Ahad (22/2) mendatang.

Endi Aras, penggagas dari Gerakan Kebangkitan Permainan Tradisional Indonesia, menjelaskan saat ini pihaknya mencoba mengajak seluruh anak negeri agar kembali peduli serta mengenali permainan tradisional yang tersebar di negeri ini.

''Gerakan ini lebih bertujuan mengajak masyarakat Indonesia untuk mengenal kembali permainan tradisional Indonesia. Gerakan ini sekaligus juga mengajak pemerintah untuk turut memikirkan pelestarian dan pengembangan permainan tradisional Indonesia di tengah kehidupan yang serba modern,'' katanya kepada ROL di Jakarta, Rabu (18/2).

Dalam gerakan ini, Endi mendapat sokongan dari beberapa kelompok atau komunitas yang peduli terhadap pelestarian permainan tradisional. Gerakan ini juga didukung oleh tokoh-tokoh masyarakat seperti seniman, budayawan, antropolog, psikolog, sosiolog, praktisi periklanan, aktivis pecinta permainan tradisional  dan juga dari kalangan selebriti.

Untuk menyampaikan gagasannya, Gerakan Kebangkitan ini memiliki cara yang unik, yakni menggelar alat permainan tradisional, foto-foto aktivitas permainan tradisional dan akan menyediakan peralatan permainan tradisional untuk masyarakat, ditempat diadakannya kampanye gerakan ini.

“Jadi masyarakat bebas ikut bermain. Kami sediakan beberapa alat permainan yang bisa dicoba dan dipakai masyarakat untuk bermain di lokasi kegiatan. Seperti Egrang Bambu, Egrang Batok, Bakiak, Congklak/Dakon, Bekel, Mobil-mobilan Laker, Karet gelang untuk lompat karet, dan masih ada beberapa alat lagi, “ kata Endi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement