Selasa 03 Mar 2015 14:16 WIB

UT Resmikan Sentra Layanan di Cirebon

Rep: Lilis Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih
universitas terbuka
Foto: .
universitas terbuka

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Universitas Terbuka (UT) terus berupaya meningkatkan layanan kepada para mahasiswanya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan 23 negara. Salah satunya, dengan cara mendirikan Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT).

Pada awal 2015 ini, SALUT berdiri di tiga daerah, yakni Cirebon, Rangkas Bitung (Banten), dan Cibinong (Bogor). Peresmian pendirian ketiga SALUT itu dilakukan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, di gedung Telkom Cirebon, Selasa (3/3). 

"SALUT merupakan perpanjangan tangan layanan UT yang berada di kota/kabupaten cluster," ujar Rektor UT, Tian Belawati.

Tian menjelaskan, SALUT didirikan di luar area domisili kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT), yang umumnya berada di ibu kota provinsi atau kota besar lainnya. 

Adapun tujuannya, untuk mendekatkan dan memudahkan layanan pendidikan UT bagi mahasiswa khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Selain itu,  meningkatkan penyediaan fasilitas yang dapat memudahkan perolehan akses dan pemerataan pendidikan tinggi serta peningkatan kualitas SDM Indonesia. Tian menyatakan, pendirian SALUT akan terus berlanjut. Hingga 2020 rencananya ada 150 SALUT yang tersebar di seluruh kota/kabupaten di Indonesia.

Tian menerangkan, fasilitas layanan dalam SALUT didukung dengan perangkat komputer, jaringan internet berkecepatan tinggi, dan perangkat lainnya. Semua itu bisa dimanfaatkan untuk berlatih mengoperasikan komputer dan internet, mengakses sumber belajar secara online, melakukan registrasi dan pemesanan/pengambilan bahan ajar, serta kegiatan belajar dan ujian secara online. 

"Kami bekerja sama dengan PT Telkom dan PT Dwi Guna Cipta Nusantara (DGCN)," tutur Tian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement