Kamis 05 Mar 2015 13:41 WIB

Perayaan Cap Go Meh Menjelma Jadi Pesta Rakyat

Rep: c09/ Red: Hazliansyah
Sebuah Joli diarak diantara ribuan penonton dalam Cap Go Meh Steet Festival 2013 di Jalan suryakancana, kota Bogor, Jabar
Foto: Antara/Jafkhairi
Sebuah Joli diarak diantara ribuan penonton dalam Cap Go Meh Steet Festival 2013 di Jalan suryakancana, kota Bogor, Jabar

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Perayaan Cap Go Meh (CGM) 2015 di Kota Bogor menyedot banyak wisatawan dari berbagai daerah. Tidak hanya dari Bogor, pengunjung yang datang ke pusat acara di Vihara Dhanagun, juga berasal dari kota-kota sekitar Bogor, seperti Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Aisyah (53), warga Sawangan, Depok, mengaku sengaja datang ke Bogor untuk melihat langsung perayaan Cap Go Meh yang telah menjadi pesta rakyat tahunan di Bogor. Menurutnya, acara kali ini lebih meriah karena akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

"Memang sering ke sini, karena ada keluarga di Bogor dan sekarang sekalian pengen liat Jokowi juga," ujar Aisyah, Kamis (5/3).

Sama halnya dengan Suryadi (67), warga Sukasari, Kota Bogor. Ia mengatakan perayaan CGM di Kota Bogor sudah bukan merupakan perayaan khusus bagi masyarakat Tiongkok, melainkan perayaan seluruh warga Kota Bogor.

"Cap Go Meh ini sudah lama ada, orang-orang tua di sini pasti tahu dan sudah menjadi pestanya rakyat Bogor," jelas Suryadi, Kamis (5/3).

Ratusan orang dari berbagai usia terlihat memadati wilayah sekitar Vihara Dhanagun Bogor untuk melihat berbagai pertunjukkan seni, seperti Barongsai dan Sam Si.

Sementara di bagian depan Vihara, panitia penyelenggara CGM melakukan berbagai persiapan penyambutan kedatangan Presiden Joko Widodo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement