Kamis 12 Mar 2015 17:25 WIB

Hendak Selamatkan Kambing, Bapak-Anak Terseret Arus Sungai

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yudha Manggala P Putra
Sungai. Ilustrasi
Foto: Septianjar Muharam
Sungai. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES -- Karena hendak menyelamatkan kambing  Warsudin (70) dan anaknya Eko (32), warga Desa Citimbang Kecamatan Salem Kabupaten Brebes, hanyut terbawa arus Sungai Cigunung yang mengalir di desa setempat, Rabu (11/3) malam.

Korban Warsudin, ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dunia di hilir sungai sekitar 2 kilometer dari lokasi kejadian, Kamis (12/3). Namun korban Eko, masih belum ditemukan. ''Sampai sekarang kami masih melakukan pencarian korban Eko,'' jelas  koordinator Basarnas Pos SAR Cilacap, Mulwahyono SE, di lokasi pencarian.

Dia menyebutkan, hanyutnya bapak dan anak tersebut berawal dari pencarian lima ekor kambing milik Warsudin yang awalnya digembalakan di pinggiran sekitar sungai Cigunung. Saat hendak dikandangkan pada sore harinya, ke lima ekor kambing tersebut ternyata terjebak di sungai yang sedang meluap.

Mengetahui hal ini, Warsudin meminta tolong anaknya, untuk bersama-sama menyelamatkan kambing-kambing yang terjebak di tempat dangkal tengah sungai. Namun untuk mencapai tempat-tempat kambing tersebut, keduanya harus melalui bagian sungai yang dalam dan sedang mengalir deras akibat banjir.

''Saat sedang menyeberang inilah, bapak dan anak tersebut tidak kuat menahan derasnya aliran air sungai sehingga hanyut dan hilang terbawa arus,'' jelasnya.

Pihak Basarnas Cilacap, mendapat informasi kejadian tersebut pada Rabu (11/3) malam dari Ketua SAR Kabupaten Brebes, Dani. Menindaklanjuti laporan ini, pihaknya langsung menyiapkan anggota rescue beserta peralatan lengkap untuk berangkat ke tempat kejadian.

''Namun untuk mencapai lokasi, kita harus melalui jalan memutar karena akses jalan pintas dari Kecamatan Majenang, Cilacap menuju Kecamatan Bumiayu, Brebes, sedang terputus akibat longsor. Akibatnya, kita berputar jauh melalui Kecamatan Tanjung, Brebes yang memakan waktu sekitar enam jam perjalanan,'' jelasnya.

Hingga Kamis (12/3) kemarin, Tim SAR Gabungan masih melakukan pencarian terhadap korban Eko. Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Basarnas Pos SAR Cilacap, SAR Brebes, PMI, BPBD, Babinsa, SATPOL PP, Koramil Salem, Polsek Salem dan dibantu masyarakat setempat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement