Sabtu 21 Mar 2015 18:51 WIB

'Jadilah Pribadi Wajib Seperti Rasulullah'

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Indah Wulandari
Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama bertemu tokoh-tokoh Muslim AS
Foto: VOA
Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama bertemu tokoh-tokoh Muslim AS

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Anggota Departemen Dakwah PP Persaudaraan Muslimah (Salimah) ustazah Ika Abriastuti mengatakan, individu itu terdiri dari berbagai macam jenis kepribadian.

“Pribadi wajib, yakni orang yang selalu ditunggu-tunggu kedatangannya seperti Rasullulah,” ujarnya, Sabtu (21/3).

Sementara, pribadi sunah, ujar Ika, adalah orang yang kalau tidak hadir maka orang-orang lain akan merasa kehilangan. Sedangkan pribadi  mubah adalah orang yang hadir atau tidak, tidak akan memberikan efek atau pengaruh apa-apa.

Pribadi makruh, terang dia, adalah orang yang kalau hadir, orang-orang lain menjadi kurang nyaman. Misalnya, dia banyak komentar. Namun, komentarnya kurang menyenangkan sehingga orang yang dikomentari jadi merasa tak nyaman.

Sedangkan pribadi haram, kata Ika, adalah orang yang perbuatannya sangat tidak menyenangkan sehingga orang jadi enggan bersamanya. Misalnya, suka berbuat maksiat, suka melakukan tindakan yang merugikan orang lain.

Ia pun mengingatkan agar setiap Muslim menjadi pribadi yang baik seperti pribadi wajib maupun pribadi sunah. Lantaran kehadirannya bisa menyejukkan orang lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement