Selasa 24 Mar 2015 09:07 WIB

Lukisan Adolf Hitler Dilelang

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Damanhuri Zuhri
Adolf Hitler
Foto: Guardian
Adolf Hitler

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Sebuah lukisan karya Adolf Hitler akan dilelang. Penawaran pertama dimulai dengan harga 38 ribu dolar atau sekitar Rp 494 juta.

Lukisan tahun 1912 itu menggambarkan bunga berwarna cerah dalam kendi biru. Seperti diberitakan laman 9 News, lelang akan dilakukan Kamis (26/3) waktu setempat di salah satu rumah lelang di Los Aggeles.

Nate D. Sanders selaku koordinator lelang mengatakan bila diktator Nazi tersebut berusia 24 atau 25 tahun saat melukis bunga cerah tersebut. Lukisan berukuran 34x27 cm tersebut menggunakan cat air.

Cat air ini dianggap biasa karena sebagian besar pekerjaan Hitler memang berfokus pada lanskap dan arsitektur. Sebelumnya, lukisan cat air karya Hitler juga laku terjual dalam pelelangan.

Tahun lalu, lukisan arsitektur Munich Hall karya Hitler dijual dengan harga 204 ribu dolar atau Rp 2,6 miliar. Sebelum berkuasa pada 1933, Hitler rupanya seorang seniman di Austria. Saat berusia 18 tahun, ia memutuskan pindah ke Wina pada 1908 untuk mengejar mimpinya.

Hitler cukup terkenal di sana lantaran dua kali ditolak Akademi Seni Wina. Namun ia didukung Samuel Morgenstern, seorang Yahudi penjual karya seni.

Ironisnya, Morgenstern dilaporkan membeli beberapa karya Hitler dengan harga murah dan menjualnya kembali kepada klien Yahudi kaya di Wina.

Dalam lukisan bunga hidup tahun 1912 tersebut, Hitler membubuhkan tandatangannya di sudut kanan bawah 'A Hitler' dan cap Samuel Morgenstern di bagian belakang.

Setelah berkuasa, Hitler tidak menunjukkan belas kasihan kepada Morgenstern. Nazi menyita properti dan mendeportasinya ke Polish ghetto, yang sekaligus menjadi tempat meninggalnya pada 1943.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement