Jumat 27 Mar 2015 07:14 WIB

Ini Cara Jitu Mengenakan Tabir Surya

Rep: MGROL 38/ Red: Indira Rezkisari
Pakai krim tabir surya
Foto: thestylespy.com
Pakai krim tabir surya

REPUBLIKA.CO.ID, Berada di daerah khatulistiwa, membuat iklim Indonesia termasuk dalam iklim tropis. Suhunya mencapai 25 derajat celcius hingga 35 derajat celcius setiap tahunnya. Bahkan, suhu di Jakarta pun mencapai 34 derajat celcius. Oleh karena itu, siapapun perlu waspada terhadap radiasi ultraviolet yang menyerang setiap harinya.

“Hindari radiasi UV, terutama pada pukul 10.00 hingga 14.00 WIB, karena radiasi pada jam tersebut berbahaya,” kata Senior Manager Personal Care Chemicals BASF Kurniawati Kusnadi.

Ketua Himpunan Kosmetika Indonesia Joshita Djajadisastra juga mengatakan radiasi UV dapat menyebabkan kanker kulit. " Termasuk kerusakan preparat kosmetika, serta premature aging atau penuaan dini,” ujarnya.

Oleh karena itu, Joshita menyarankan perlunya menggunakan krim tabir surya atau sarung tangan untuk mencegah radiasi langsung ultraviolet. “Terutama bagi mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan, misalnya pengendara motor,” tambahnya.

Kurnia memberikan beberapa tips penggunaan tabir surya yang tepat. “Sebaiknya pilih yang broad spectrum, pakai dengan takaran banyak, diulang setiap 2 jam sekali, dan pakai 20 menit sebelum terkena kontak langsung dengan radiasi ultraviolet. Selain itu, minimal pake SPF 15,” katanya menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement