Jumat 03 Apr 2015 14:17 WIB

Juni, Ground Breaking Masjid Raya Sriwijaya

Rep: Maspril Aries/ Red: Dwi Murdaningsih
masjid (ilustrasi)
masjid (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Rencana pembangunan Masjid Raya Sriwijaya di kawasan Jakabaring segera terealisasi. Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin menjadi ketua pembangunan Masjid Sriwijaya menjelaskan rencana pembangunan masjid termegah di daerah itu.

“Proses tender pembangunannya akan dibuka April dan kita rencanakan pada Juni sudah ground breaking,” kata Alex Noerdin, Jumat (3/4).

Dari rencana tahapan pembangunan Masjid Sriwijaya, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menargetkan pembangunan masjid tersebut selesai Juni 2017. “Masjid Sriwijaya dari desain akan berbeda dengan masjid yang pernah dibangun di Indonesia, karena sangat artisitik dan  futuristik,” ujar Alex Noerdin.

Untuk pembangunan masjid yang sekaligus menjadi pusat peradaban Islam di Indonesia tersebut membutuhkan dana mencapai Rp1,2 triliun. Untuk pendanaan pembangunan masjid tersebut menurut Gubernur Alex Noerdin selain berasal dari APBD Provinsi Sumatera Selatan, dari dana bersama APBD Kota Palembang, bantuan dari masyarakat dan  bantuan dari donatur di negara-negara Timur Tengah.

Untuk mencari dana bantuan dari donatur di Timur Tengah, Alex Noerdin berencana mengunjungi beberapa negara yang siap jadi pendonor. “Saya akan road show mencari bantuan dana pada tahun ketiga pembangunan karena bisa menunjukkan rencana akhir dari pada saat  awal pembangunan. Pendonor pasti tak mau jika hanya melihat tanah kosong,” katanya.

Selain mengalokasikan dana dari APBD untuk pembangunan Masjid Raya Sriwijaya yang megah tersebut, Pemerintah Provinsi Sumsel telah mempersiapkan lahan seluas 15 hektar. 

Untuk pembangunan Masjid Sriwijaya tersebut juga telah dibentuk Yayasan Wakaf Masjid Sriwijaya (YWMS) dengan Ketua Zamzami Achmad dan Gubernur Sumsel Alex Noerdin menjadi ketua pembangunan Masjid Sriwijaya serta Prof  Jimly Asshiddiqie sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Wakaf Masjid Sriwijaya.

Untuk tahap awal, Yayasan Wakaf Masjid Sriwijaya telah menerima bantuan, diantarannya berasal dari PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) yang disampaikan yang memberikan bantuan sebesar Rp450 juta. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement