Rabu 22 Apr 2015 07:32 WIB

RA Kartini, Pelopor Revolusi Kelas

Rep: c 09/ Red: Indah Wulandari
 Pawai peringatan Hari Kartini.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Pawai peringatan Hari Kartini.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pahlawan wanita nasional, RA Kartini dianggap sebagai pelopor revolusi kelas dengan menunjukkan ilmu pengetahuan adalah milik semua orang, bukan hanya milik kaum bangsawan elit.

Semasa hidupnya, pejuang wanita kelahiran Jepara itu mencoba mengajari anak-anak pribumi untuk bisa membaca.

 

“Yang menarik, saat itu aksara latin yang hanya milik kaum elit saja dan kebanyakan laki-laki, diajarkan Kartini ke pribumi perempuan,” ujar Komisaris Komnas Perempuan Yuniyanti Chuzaifah, Selasa (21/4).

 

Kepintaran Kartini, jelas Yuni, bahkan membawa Kartini menjadi juru damai dari dua negara yang berkonflik, yaitu Hindia Belanda (Indonesia) dan Belanda. Kartini melakukan langkah damai dengan diplomasi tanpa kekerasan.

 

“Itu yang selama ini tidak terlihat bahwa Kartini menanam benih untuk membangun nasionalisme di Indonesia, terutama juga melalui surat-suratnya yang isinya sudah disebarluaskan,” jelasnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذْ قَالَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ يٰبَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اِنِّيْ رَسُوْلُ اللّٰهِ اِلَيْكُمْ مُّصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيَّ مِنَ التَّوْرٰىةِ وَمُبَشِّرًاۢ بِرَسُوْلٍ يَّأْتِيْ مِنْۢ بَعْدِى اسْمُهٗٓ اَحْمَدُۗ فَلَمَّا جَاۤءَهُمْ بِالْبَيِّنٰتِ قَالُوْا هٰذَا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ
Dan (ingatlah) ketika Isa putra Maryam berkata, “Wahai Bani Israil! Sesungguhnya aku utusan Allah kepadamu, yang membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat dan memberi kabar gembira dengan seorang Rasul yang akan datang setelahku, yang namanya Ahmad (Muhammad).” Namun ketika Rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata, “Ini adalah sihir yang nyata.”

(QS. As-Saff ayat 6)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement