Jumat 24 Apr 2015 19:04 WIB

Hari Kemerdekaan Israel, AS akan "Hadiahi" Jet Canggih

Rep: Gita Amanda/ Red: Esthi Maharani
Joe Biden
Foto: Reuters
Joe Biden

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Kamis (23/4), mengatakan AS akan memberikan jet tempur F-35 baru ke Israel tahun depan. Hal tersebut disampaikan Biden dalam perayaan Hari Kemerdekaan Israel di Washington.

Hareetz melaporkan pada Jumat (24/4), Biden menggambarkan pesawat yang akan dikirimkan merupakan pesawat terbaik AS. Ini akan menjadikan Israel satu-satunya negara di Timur Tengah yang memiliki pesawat ini.

"Tahun depan kami akan menyerahkan F-35 kepada Israel," kata Biden.

Kementerian Pertahanan Israel mengumumkan, pada pertengahan Februari mereka telah menandatangani kesepakatan dengan AS untuk mengirimkan 14 pesawat F-35 senilai 110 juta per unitnya untuk Angkatan Udara Israel. Kesepakatan ini sebagai kelanjutan dari perjanjian jual beli Israel-AS pada 2010.

Angkatan Udara Israel akan menerima total 33 pesawat F-35. Dua pesawat pertama dijadwalkan akan mendarat di Israel pada akhir 2016, sisanya diharapkan tiba pada 2021.

Dinas Pertahanan dan Angkatan Udara Israel juga tertarik membeli pesawat tambahan, untuk membentuk dua skuadron tempur siluman. Masing-masing akan terdiri dari 25 pesawat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement