Selasa 28 Apr 2015 21:21 WIB

Pemerintah Petakan Laut untuk Poros Maritim Dunia

Red: Ani Nursalikah
Kapal TNI AU berpatroli di wilayah perairan laut Indonesia
Foto: bantenprov.go.id
Kapal TNI AU berpatroli di wilayah perairan laut Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah melalui berbagai kementerian terkait melaksanakan pemetaan laut nasional untuk mengembangkan potensi yang ada di kawasan perairan Indonesia.

"Penyusunan tata ruang wilayah laut nasional penting bagi Indonesia untuk mewujudkan visi pembangunan kelautan dan perikanan," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam seminar "Membangun Poros Maritim Dunia dalam Perspektif Tata Ruang Laut Nasional" di Jakarta, Selasa (28/4).

Susi mengatakan pihaknya juga bakal mengembangkan berbagai pusat perekonomian kelautan dengan menekankan aspek kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan.

Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan mengemukakan pihaknya juga selaras dengan KKP untuk mewujudkan Poros Maritim Dunia. Menurut Ferry, hal tersebut juga sesuai dengan esensi pidato Presiden Joko Widodo saat dilantik yang mengatakan bangsa Indonesia telah lama memunggungi laut.

Ferry menentang bila ada pengusaha yang ingin melakukan reklamasi laut karena hal tersebut berpotensi menyempitkan tata ruang laut di kawasan perairan Indonesia.

"Dengan reklamasi maka yang akan bertambah hanya wilayah darat sehingga akan merugikan kawasan laut," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement