Kamis 30 Apr 2015 23:00 WIB

Lima Pilar yang Harus Dilakukan Diabetisi

Rep: C27/ Red: Ilham
Anak penderita diabetes/ilustrasi
Foto: prediabetics.org
Anak penderita diabetes/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diabetes merupakan penyakit yang berhubungan dengan gula darah.  Penyakit ini terkadang tidak terasa oleh diabetisi, sebutan bagi orang yang positif terkena diabetes. Mereka seringkali memeriksanya setelah terjadi gejala-gejala yang sudah parah.

Setelah positif mengidap diabetes, diabetisi diwajibkan untuk mengontrol pola makan agar gula darah tidak naik. Selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Menurut pengurus Persadia Muda (young diabetic), dr Mohammad Firas ada lima pilar Diabetes yang perlu diketahui.

Pertama, aktivitas fisik. Diabetisi harus aktif berolahraga seperti berenang, lari, bersepeda, dan lainnya secara teratur.

Kedua, menjaga makanan. Diabetisi harus mengetahui jenis makanan, waktu yang tepat untuk makan, dan jumlah makanan yang baik untuk dikonsumsi.

Ketiga, obat-obatan. Diabetisi harus disiplin dalam mengkonsumsi obat-obatan dan insulin agar gula darah tetap terjaga.

Keempat, mentoring gula darah. Diabetisi harus melakukan pemantauan gula darah secara teratur. Ini bisa dilakukan setelah atau sebelum makan.

Kelima, edukasi. Diabetisi dan orang terdekatnya harus terus memperluas wawasan dan pengetahuan seputar penyakit diabetes. Bukan hanya mengkonsumsi obatan atau insulin saja. Hal ini menjadi penting karena pengetahuan tentang diabetes mempermudah diabetisi dan orang terdekat mengetahui hal apa saja yang bisa dilakukan dan mengetahui pencegahan bila terjadi sesuatu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement