Jumat 01 May 2015 14:20 WIB

Membedakan Cemburu Wajar dan yang Berlebihan

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Cemburu/ilustrasi
Foto: pastoringpartners.com
Cemburu/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian besar dari kita percaya bahwa cemburu adalah emosi beracun yang dapat merusak hubungan. Cemburu seharusnya tidak membuat Anda merasa bahagia karena membuat hubungan menjadi rentan berakhir. Namun, ada situasi di mana kecemburuan Anda dapat membantu meningkatkan hubungan menjadi lebih baik.

Kecemburuan tersebut menjadi pertanda bahwa Anda mencintai pasangan, dan sikap peduli terhadap hubungan. Berikut ini beberapa asalan cemburu yang wajar bila Anda alami dalam hubungan, dilansir dari Womanitely, Jumat (1/5).

Ketika merasa seperti dia tidak peduli tentang Anda

Mendengar pasangan menceritakan tentang kebahagiaan dan kesuksesannya ketika Anda sedang mencoba untuk mengatasi masa-masa sulit, tidak apa-apa Anda untuk merasa cemburu. Tentu saja, Anda harus ikut merasa senang atas kesuksesan pasangan, tetapi jika Anda merasa seperti pasangan tidak peduli tentang masalah dan diri Anda, itu menjadi pertanda merah. Katakan saja bahwa Anda bahagia untuk dia, tetapi Anda juga sedang memiliki beberapa masalah serius sehingga membuat keadaan kurang baik.

Ketika pasangan sering bepergian

Jika pasangan adalah seorang pecandu perjalanan, kemungkinan bahwa ia akan mengunjungi tempat-tempat baru setidaknya sebulan sekali. Jika Anda tidak memiliki waktu atau hanya tidak mampu untuk melakukan perjalanan, Anda mungkin merasa cemburu, dan itu menjadi perasaan buruk dan baik di waktu yang bersamaan.

Sekali lagi, jika ia mencintai Anda dan peduli tentang Anda, dia tidak akan pernah pergi ke mana pun tanpa Anda. Jangan biarkan kecemburuan Anda merusak hubungan Anda, mengapa tidak menyimpan uang untuk perjalanan seumur hidup bersama-sama? Anda akan memiliki pengalaman yang luar biasa untuk meningkatkan hubungan.

Ketika pasangan membeli barang-barang mahal

Jika pasangan membeli barang-barang yang mahal, sedangkan Anda belum cukup untuk membeli barang seperti itu, wajar bila Anda merasa cemburu. Ini adalah situasi ketika Anda harus mengatasi rasa cemburu Anda sendiri. Ingat, dia mencintai Anda apa adanya. Jika ia tidak memprotes Anda memakai sesuatu yang murah, tidak perlu khawatir dengan hubungan yang sedang dijalani.

Ketika pasangan menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman-temannya daripada dengan Anda

Jika Anda merasa seperti pasangan menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman-temannya daripada dengan Anda, jangan menyalahkan diri sendiri karena cemburu. Sebaliknya, biarkan pasangan Anda tahu bahwa Anda merasa kesepian karena ia tidak menghabiskan cukup waktu dengan Anda. Anda harus menjadi prioritas, bukan hanya teman-temannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement