Ahad 10 May 2015 20:02 WIB

Inilah Jawaban Resmi KPBN atas Protes Desainer di World Expo Milano

Rep: C35/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Fashion Show di Paviliun Indonesia, Expo Milano 2015
Foto: KPBN
Fashion Show di Paviliun Indonesia, Expo Milano 2015

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Paviliun Indonesia di Milan Expo sempat mengalami kendala yang cukup krusial. Hal inilah yang membuat Kleting Titis Wigati, desainer muda asal Indonesia yang ditunjuk untuk mengisi paviliun Indonesia di Milan Expo melayangkan rilis ke media.

Dalam rilis tersebut dikatakan bahwa Kleting (KLE), Chitra Subijakto (Sejauh Mata Memandang), Bai Populo (Batik Populo), Raiki Pasya Mel Ahyar (Huntingfields), Dana Maulana dan Liza Mashita (Danjyo Hiyoji) menyatakan permohonan maaf kepada Indonesia atas dibatalkannya show case di Milan Expo tersebut. Sontak rilis tersebut menuai tanggapan-tanggapan miring dari masyarakat Indonesia di sosial media.

Jumat (8/5), Didi Petet selaku penanggung jawab telah mengklarifikasi kepada ROL. "Jadi sebenarnya bukan dibatalkan, hanya performance untuk hari ketiga saja yang tidak jadi dilaksanakan karena kami kekurangan dana" tutur dia.

Sabtu (9/5) pihak KPBN mengirimkan rilis lengkap dari Milan terkait kronologi terkendalanya show case expo dunia yang dihelat setiap lima tahun sekali tersebut.

Awalnya Kleting dkk. mengajukan penawaran biaya Profesional Fee sudah termasuk biaya transportasi dan akomodasi sebesar Rp 1,8 miliar, kemudian setelah dilakukan negosiasi, harga penawaran pekerjaan tersebut disepakati menjadi sebesar Rp 1,246 miliar.

Kesepakatan tersebut menyepakati bahwa Kleting, dkk akan mengisi acara selama 3 (tiga) hari di Paviliun Indonesia dengan rangkaian acara Fashion Show, Hair Show dan menampilkan group musik asal Indonesia White Shoes & The Couples Company.

Namun karena terkendala dana yang belum diterima hingga 25 April akhirnya pihaknya menyiasati dengan mengadakan show case hanya dua hari, bukan tiga hari seperti kesepakatan di awal. Ternyata pihak vendor (Kleting dkk.) merasa keberatan jika terdapat salah satu pihak yang tidak mengisi acara, karena pada 3 Mei adalah jadwal penampilan White Shoes & The Couples Company.

Akhirnya pihak KPBN yang diwakili oleh Rama Sastra Negara mengadakan pertemuan dengan pihak vendor guna membahas keberatan tersebut, yang akhirnya tidak menemui kesepakatan. Namun demikian, pada kenyataannya Kleting dkk tetap tampil pada show case tanggal 1 dan 2, fashion show dan hair show di area Amphitetathre Paviliun Indonesia pada WEM 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement