Senin 08 Jun 2015 22:01 WIB

Tanpa Sertifikasi, Ekspor Hasil Hutan Indonesia Hilang Rp 65 T

Rep: C91/ Red: Djibril Muhammad
Drajad Wibowo
Foto: Republika/Prayogi
Drajad Wibowo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pensiun dari politik, mantan wakil ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN), Drajat H. Wibowo memilih aktif lagi di bidang pembangunan berkelanjutan. Ia bahkan mendirikan Sustainable Development Indonesia (SDI) yang berfokus pasa kajian serta implementasi pembangunan berkelanjutan.

Lewat SDI, pada 9 September 2011, Drajat lalu mendirikan Indonesian Forestry Certification Cooperation (IFCC). Lembaga tersebut bergerak di bidang pengelolaan Hutan Lestari dan berfokus pada sertifikasi (SFM).

"IFCC ini didirikan untuk mendorong penerapan SFM di Indonesia, mengingat pengelolaan hutan Indonesia dinilai dunia jauh dari kaidah-kaidah kelestarian," jelasnya di Jakarta, Senin, (8/6).

Ia menambahkan, Indonesia semakin ditekan, sebab dianggap gagal mengatasi pembalakan liar, serta perdagangan ilegal hasil hutan.

Menurutnya pelaku usaha di bidang kehutanan dan industri pun terkena imbasnya. Mereka tambah sulit menjual produknya ke pasar dunia, karena tak dapat membuktikan produknya dari hutan yang dikelola sesuai standar SFM.

"Maka pembuktian itu diwujudkan melalui sertifikat SFM dan sertifikat lacak balak. Pelaku usaha bisa membuktikan konsumen global bahwa dari hulu hingga hilir produknya dari hutan SFM," jelasnya.

Ia menegaskan, IFCC didirikan duntuk menjawab keluhan itu. Drajad juga mengungkapkan, ekspor bubur kertas dan kertas Indonesia bernilai 4,28 miliar dolar Amerika pada 2013, lalu meningkat di atas 5 miliar dolar AS pada 2014.

Sedangkan konsumen di Amerika Utara dan Eropa Barat mensyaratkan sertifikat SFM. Di Asia Pasifik, Jepang, serta Australia pun mengajukan syarat serupa.

"Jadi jika Indonesia tidak mempunyai sertifikat yang diakui dunia, ekspor senilai lebih dari Rp 65 triliun pertahun terancam. Dihitung, tanpa sertifikasi Indonesia bisa kehilangan ekspor Rp 15 sampai 20 triliun per tahun," jelasnya.

Kini IFCC sudah diakui secara internasional, sebab telah menjadi anggota dan National Governing Body (NGB) di Programme for the Endorsement of Forest Certification (PEFC) sejak 2012. PEFC merupakan skema sertifikasi SFM dan CoC terbesar di dunia saat ini yang berbasis di Jenewa. Swiss.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الشَّهْرِ الْحَرَامِ قِتَالٍ فِيْهِۗ قُلْ قِتَالٌ فِيْهِ كَبِيْرٌ ۗ وَصَدٌّ عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَكُفْرٌۢ بِهٖ وَالْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَاِخْرَاجُ اَهْلِهٖ مِنْهُ اَكْبَرُ عِنْدَ اللّٰهِ ۚ وَالْفِتْنَةُ اَكْبَرُ مِنَ الْقَتْلِ ۗ وَلَا يَزَالُوْنَ يُقَاتِلُوْنَكُمْ حَتّٰى يَرُدُّوْكُمْ عَنْ دِيْنِكُمْ اِنِ اسْتَطَاعُوْا ۗ وَمَنْ يَّرْتَدِدْ مِنْكُمْ عَنْ دِيْنِهٖ فَيَمُتْ وَهُوَ كَافِرٌ فَاُولٰۤىِٕكَ حَبِطَتْ اَعْمَالُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ ۚ وَاُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ النَّارِۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ
Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang berperang pada bulan haram. Katakanlah, “Berperang dalam bulan itu adalah (dosa) besar. Tetapi menghalangi (orang) dari jalan Allah, ingkar kepada-Nya, (menghalangi orang masuk) Masjidilharam, dan mengusir penduduk dari sekitarnya, lebih besar (dosanya) dalam pandangan Allah. Sedangkan fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. Mereka tidak akan berhenti memerangi kamu sampai kamu murtad (keluar) dari agamamu, jika mereka sanggup. Barangsiapa murtad di antara kamu dari agamanya, lalu dia mati dalam kekafiran, maka mereka itu sia-sia amalnya di dunia dan di akhirat, dan mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.”

(QS. Al-Baqarah ayat 217)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement