Rabu 24 Jun 2015 08:56 WIB

Patroli Italia Kembali Selamatkan Ribuan Imigran dari Laut

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Hazliansyah
Puluhan ribu imigran mencoba menyeberangi Laut Mediterania menuju Eropa.
Foto: AP
Puluhan ribu imigran mencoba menyeberangi Laut Mediterania menuju Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Kapal patroli Italia di Mediterania kembali menyelamatkan lebih dari 3.700 migran dari kapal tidak layak, Selasa (23/6). Menurut Penjaga Pantai Italia, kapal migran tersebut penuh sesak dan tidak aman.

Sebanyak 2,741 migran diselamatkan pada Senin oleh 18 kapal milik beberapa negara. Sekitar 1.000 lainnya diselamatkan pada Selasa dari kapal nelayan dan lima perahu karet yang tidak layak.

Seiring dengan upaya penyelamatan, Italia mencoba meyakinkan Uni Eropa untuk membantu mengatasi gelombang migran. Sebagian besar datang dari Timur Tengah dan Afrika Utara.

Tahun ini jumlahnya diperkirakan sekitar 60 ribu orang. 

Hampir 2.000 migran tewas dalam perjalanan menuju Eropa. Hingga saat ini UE baru menyetujui pendanaan untuk upaya penyelamatan di lepas pantai Italia dan Yunani.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذْ قَالَ اِبْرٰهٖمُ رَبِّ اجْعَلْ هٰذَا بَلَدًا اٰمِنًا وَّارْزُقْ اَهْلَهٗ مِنَ الثَّمَرٰتِ مَنْ اٰمَنَ مِنْهُمْ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ قَالَ وَمَنْ كَفَرَ فَاُمَتِّعُهٗ قَلِيْلًا ثُمَّ اَضْطَرُّهٗٓ اِلٰى عَذَابِ النَّارِ ۗ وَبِئْسَ الْمَصِيْرُ
Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berdoa, “Ya Tuhanku, jadikanlah (negeri Mekah) ini negeri yang aman dan berilah rezeki berupa buah-buahan kepada penduduknya, yaitu di antara mereka yang beriman kepada Allah dan hari kemudian,” Dia (Allah) berfirman, “Dan kepada orang yang kafir akan Aku beri kesenangan sementara, kemudian akan Aku paksa dia ke dalam azab neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.”

(QS. Al-Baqarah ayat 126)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement