Rabu 24 Jun 2015 16:51 WIB

Lokasi Puncak Sail Tomini Jadi Objek Wisata Unggulan

Red: Indira Rezkisari
Sail Tomini 2015
Foto: Setkab
Sail Tomini 2015

REPUBLIKA.CO.ID, PARIGI -- Lokasi acara puncak perayaan "Sail Tomini 2015" di Pantai Kayubura, Kelurahan Pelawa Baru, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, akan menjadi objek wisata unggulan di daerah itu.

"Kita sengaja membangun lokasi ini sedemikian rupa, agar setelah 'Sail Tomini' nanti, bisa tetap dinikmati oleh masyarakat untuk berbagai kebutuhan, terutama tempat wisata dan rekreasi," kata Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai di Parigi, Rabu (24/6). Ditemui usai memimpin rapat persiapan "Sail Tomini" bidang Pekan Budaya Sulawesi Tengah, Badrun mengemukakan bahwa lokasi ini sangat strategis sebab berada di lintasan jalan trans Sulawesi yang menghubungkan Kota Makassar dan Kendari dengan Kota Palu, Gorontalo dan Manado.

Selain itu, jalur ini dilewati oleh angkutan umum dari berbagai kota di pantai timur Sulawesi Tengah yang akan menuju Kota Palu, sehingga arus lalu lintas di lokasi tersebut sangat padat. "Jadi lokasi itu akan kita persiapkan sebagai tempat persinggahan bahkan menginap, dan tempat rekreasi bagi masyarakat Kota Parigi dan sekitarnya," ujarnya.

Di lokasi tersebut, kata Badrun, akan disiapkan lokasi pelayanan kuliner, tempat penjualan suvenir dan oleh-oleh, lokasi pemandian dan sarana pendukungnya, bahkan tempat menginap. Pemkab Parigi Moutong (Parimo), katanya, juga akan membangun jalan di bibir pantai mulai dari Pelawa sampai Toboli, sepanjang sekitar 5 kilometer, sebagai tempat rekreasi untuk menikmati keindahan pantai Teluk Tomini.

Lokasi ini juga akan disiapkan menjadi tempat penyelenggaraan acara-acara berskala regional dan nasional. Tahun 2016, misalnya, MTQ Tingkat Provinsi Sulteng akan digelar di lokasi tersebut, dan pada Maret 2016 akan dijadikan tempat mengamati gerhana matahari total. "Jadi lokasi acara puncak tersebut tidak akan menganggur apalagi mubazir setelah 'Sail Tomini' berakhir," ujarnya.

Bahkan, kata Badrun, pihaknya sedang mempertimbangkan untuk membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) yang akan mengelola lokasi tersebut secara profesional sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat dan daerah. "Kami akan membicarakannya nanti dengan DPRD, kalau anggarannya tersedia, kita akan bentuk UPTD untuk mengelola lokasi tersebut," kata Badrun.

Kabupaten Parigi Moutong ditetapkan menjadi tuan rumah pelaksanaan "Sail Tomini 2015" yang puncak acaranya akan digelar 19 September 2015 di Pantai Kayubura, Kelurahan Pelawa Baru, Kecamatan Parigi Tengah, dan dijadwalkan dihadiri Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Widodo, para menteri serta sejumlah duta besar dan perwakilan negara-negara sahabat.

Perhelatan akbar bahari internasional ini diperkirakan akan menyedot wisatawan lokal, dalam negeri dan wisatawan mancanegara sekitar 10.000 orang, sehingga akan menjadi tonggak baru bagi Parigi Moutong untuk membangun sektor kepariwisataan yang selama ini terabaikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement