Senin 06 Jul 2015 07:55 WIB

Pedagang Pasar Tunjungan Segera Direlokasi

Red: Esthi Maharani
Pasar tradisional
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Pasar tradisional

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Puluhan pedagang Pasar Tunjungan Kota Surabaya segera direlokasi ke Pasar Tambakrejo menyusul adanya revitalisasi pasar yang akan dimulai pada September 2015.

"Kami targetkan pengosongan bangunan sekitar September. Saat ini kami sudah mulai menyosialisasikan ke para penghuni stan yang ada di sana. Setelah pengosongan, baru pada November kami akan lakukan pembongkaran," kata Plt Direktur Utama PD Pasar Surya, Bambang Parikesit, Ahad (5/7).

Menurut dia, Pasar Tunjungan ini dihuni sebanyak 101 pemilik stan. Dari jumlah itu, yang aktif beroperasi hanya sebanyak 44 stan. Sebagian stan yang beroperasi ini ada yang digunakan sebagai ruang perkantoran dan sebagian lagi untuk bisnis konveksi.

"Ketika pengosongan dan pembongkaran, para pemilik stan ini akan kami pindah ke Pasar Tambakrejo. Di pasar ini masih banyak sekali stan yang tersedia. Nanti akan kami siapkan sejumlah stan yang kami kosongkan," ujarnya.

Ia memperkirakan nilai investasi guna membangun kembali(revitalisasi) Pasar Tunjungan mencapai Rp170 miliar. Sejauh ini, PD Pasar belum memutuskan konsep bangunan tersebut. Tapi yang pasti, lanjut dia, pasar tetap akan menampung para pelaku usaha kecil, sebagian lagi akan digunakan untuk sektor komersial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement