Pria Ini Sudah Empat Kali Mudik Pakai Sepeda Onthel

Red: Esthi Maharani

Rabu 15 Jul 2015 19:49 WIB

Seorang pemilik persewaan sepeda onthel merapikan deretan sepedanya di Kompleks Kota Tua, Jakarta. Foto: Antara/Yudhi Mahatma Seorang pemilik persewaan sepeda onthel merapikan deretan sepedanya di Kompleks Kota Tua, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Pemudik bersepeda "onthel" Kasan Miarja (70) tiba di Purwokerto, Jawa Tengah, dalam perjalanannya dari Situ Babakan, Depok, Jawa Barat, menuju Desa Kalimanah Wetan, Kabupaten Purbalingga.

Saat singgah di Gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Jateng VI, Purwokerto, Rabu (15/7) Kasan mengaku berangkat dari Depok pada hari Senin (13/7) sekitar pukul 10.00 WIB.

"Saya berangkat sendirian melalui jalur pantura. Istirahat di Cirebon dan Prupuk," kata pria yang bekerja sebagai buruh bangunan itu.

Ia mengatakan bahwa semua berjalan lancar dan tidak ada gangguan selama perjalanan dari Depok. Lebih lanjut dia mengaku sudah empat kali mudik ke kampung halamannya di Desa Kalimanah Wetan, Kecamatan Kalimanah, Purbalingga, dengan bersepeda.

Menurut dia, hal itu dilakukan karena hobi dan kecintaannya terhadap sepeda sehingga rela bersepeda dari Depok ke Purbalingga.

"Saya ke mana-mana juga naik sepeda termasuk saat berangkat kerja. Kali ini, saya pulang ke rumah di Purbalingga dengan bersepeda karena ingin bertemu dengan anak-anak saya yang selama ini tinggal di Surabaya," katanya.

Kasan berencana tinggal di rumahnya selama satu minggu sebelum kembali lagi ke Depok dengan bersepeda.

Setelah beristirahat sejenak, Kasan kembali melanjutkan perjalanannya ke Purbalingga yang masih tersisa sekitar 15 kilometer.

Terpopuler