Aceh Tengah Tiadakan Takbir Keliling

Red: Ani Nursalikah

Kamis 16 Jul 2015 10:23 WIB

Polisi menertibkan mobil peserta takbir keliling tahun lalu. Foto: Yogi Ardhi/Republika Polisi menertibkan mobil peserta takbir keliling tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah meniadakan takbir keliling menyambut Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah yang akan jatuh pada 17 Juli 2015.

"Peniadaan takbir keliling tersebut sebagai salah satu upaya menjaga ketertiban dan kenyamanan masyarakat," kata Wakil Bupati Aceh Tengah H Khairul Asmara di Takengon, Kamis (16/7).

Ia menjelaskan meski tidak ada takbir keliling, pelaksanaan takbir hari raya Idul Fitri 1436 Hijriah dilakukan di setiap masjid, meunasah dan surau yang tersebar dalam kabupaten itu.

Khairul mengatakan apabila ada warga tetap bersikeras melaksanakan takbir keliling, pihaknya menyarankan melaksanakannya di seputar kampung masing-masing dengan berjalan kaki seperti yang pernah dilakukan sebelumnya.

"Kami minta camat dan jajaran pemerintah kampung/desa saling berkordinasi dengan Muspika masing-masing dan meneruskan informasi kepada masyarakat," katanya.

Kabag Humas Setdakab Aceh Tengah, Mustafa Kamal menyatakan peniadaan takbir keliling tersebut sesuai surat nomor 451/960/PHBI tertanggal 11 Juli 2015 yang menegaskan tidak diadakannya takbir keliling sebagai upaya menjaga ketertiban dan kenyamanan masyarakat.