Senin 27 Jul 2015 01:00 WIB

Hari Ini Gubernur DKI Buka Jakbook 2015

Red: Irwan Kelana
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kanan) dan Ketua Ikapi DKI Jakarta Afrizal Sinaro
Foto: Humas Jakbook 2015
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kanan) dan Ketua Ikapi DKI Jakarta Afrizal Sinaro

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jakarta Book Fair & Education Fair (Jakbook & Edu Fair) 2015 digelar di  Plaza Parkir Timur Senayan Jakarta, 27 Juli 2015 hingga 3 Agustus 2015. Harian Republika menjadi media partner pameran yang diadakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) DKI Jakarta tersebut. Sementara itu Bank DKI menjadi sponsor utama.

Ketua Ikapi DKI Jakarta Afrizal Sinaro mengatakan Jakbook &  Edu Fair Ikapi DKI merupakan pameran buku dan pendidikan terbesar dan terlengkap. “Jakbook & Edu Fair 2015 insya Allah  akan dibuka secara resmi oleh Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, Senin (27/7),” kata Afrizal Sinaro kepada Republika, Ahad (26/7).

Afrizal menambahkan, Jakbook & Edu Fair tahun ini diikuti oleh 240 peserta. Mereka terdiri dari stan buku, alat tulis, tas, sepatu dan seragam sekolah. “Panitia juga menyiapkan 22 stan kerucut untuk  keperluan kuliner para pengunjung,” ujarnya.

Afrizal mengemukakan, untuk mobilisasi para pelajara  pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP), panitia bersama dinas pendidikan dan dinas perhubungan DKI sudah  menyiapkan 20 bis sekolah.

“Para kepala sekolah yang murid-muridnya mendapat KJP diharapkan dapat menyosialisasikan event  ini kepada murid-muridnya. Karena  berdasarkan survei panitia, masih banyak anak sekolah/orangtua murid pemegang KJP yag belum melum memahami mekanisme pemakaian KJP  di Jakbook,” tuturnya.

 

Sesuai arahan gubernur DKI kepada panitia Jakbook & Edu Fair 2015 dan dirut Bank DKI, bahwa  pemegang  KJP tidak dapat  menarik tunai. “Dana yang ada di KJP  hanya bisa dibelanjakan dengan  sistem debet rekening Bank DKI  di ajang Jakbook & Edu Fair 2015, tanggal 27 Juli hingga  3 Agustus 2015,” papar Afrizal.

Pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) adalah para pelajar SD, Madrasah Ibtidaiyah (MI), SMP, Madrasah Tsanawiyah, SMA, Madrasah Aliyah dan SMK di DKI. “Jumlahnya sekitar 489 ribu orang,” ungkap Afrizal.

Sebelumnya, Corporate Secretary Bank DKI, Zulfarshah mengatakan  partisipasi Bank DKI  di ajang Jakbook & Edu Fair 2015 dalam bentuk penyediaan sistem dan fasilitas penunjang untuk Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Lalu bagaimana dengan masyarakat umum yang tidak memiliki KJP? Menurut Zulfarshah, warga umum yang akan menghadiri Jakbook & Edu Fair 2015 bisa melakukan pembelian dan pengisian ulang (top up) JakCard melalui Debit di EDC.

“Kami pun menyediakan dua  ATM Bank DKI & mobile branch Bank DKI di lokasi pameran,” ujar Zulfarshah di Jakarta, Kamis (23/7).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement