Rabu 29 Jul 2015 12:10 WIB

Jakbook 2015 Berikan Harga Terbaik (bag 2-habis)

Red: Irwan Kelana
Ketua SC Jakbook 2015 Hikmat Kurnia, Penasehat Ikapi DKI Achmad Mihdan, Ketua Ikapi DKI Afrizal Sinaro dan Ketua Panitia Jakbook 2015 Tatang T Sudensyah (kiri-kanan) pada jumpa pers di Jakarta, Selasa (28/7)
Foto: Irwan Kelana/Republika
Ketua SC Jakbook 2015 Hikmat Kurnia, Penasehat Ikapi DKI Achmad Mihdan, Ketua Ikapi DKI Afrizal Sinaro dan Ketua Panitia Jakbook 2015 Tatang T Sudensyah (kiri-kanan) pada jumpa pers di Jakarta, Selasa (28/7)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia Jakarta Book Fair and Education Fair (Jakbook & Edu Fair) 2015 menjamin harga terbaik bagi para pengunjungnya.

“Secara umum dari tahun ke tahun, Jakbook selalu memberikan harga terbaik kepada para pengunjungnya. Para penerbit selalu memberikan harga khusus.  Hal itu pun kami berlakukan pada Jakbook & Edu Fair 2015, yang menampilkan stan penerbit dan nonpenerbit,” kata Ketua Panitia Jakbook & Edu Fair 2015 Tatang T Sudensyah di Jakarta, Selasa (28/7).

Tatang menambahkan, adanya para peserta di luar penerbit buku  memang hal baru dalam penyelenggaraan Jakbook Ikapi DKI Jakarta. Oleh karena itu, Panitia Jakbook & Edu Fair 2015 telah membuat komitmen tertulis bagi para peserta pameran.

Isi komitmen tersebut adalah kesanggupan menjual buku tulis dan kelengkapan sekolah di bawah harga pasar. “Dan ini sejalan dengan arahan Pak Gubernur DKI saat kami melakukan audiensi. Panitia telah mengingatkan peserta untuk menjalankan komitmen dan arahan gubernur DKI tersebut,” ujarnya.

Namun, kata Tatang, dalam praktik di lapangan pada hari pertama pameran telah terjadi pelanggaran atas komitmen tersebut. “Itulah sebabnya panitia mendapatkan teguran keras dari Bapak Gubernur DKI Jakarta. Teguran ini memang sangat pahit, tetapi sekaligus memberi pelajaran pada panitia untuk melakukan perbaikan atas pelaksanaan pameran,” papar Tatang.

Tatang mengemukakan, sejatinya isi teguran Gubernur DKI itu sejalan dengan misi yang diemban Ikapi DKI Jakarta, yaitu memberikan harga terbaik kepada para pengunjung pameran. “Walaupun pahit, sebenarnya Ikapi DKI Jakarta berterima kasih kepada Bapak Gubernur DKI Jakarta yang dengan gayanya yang khas telah mengingatkan adanya kelalaian dalam penyelenggaraan event ini,” tuturnya.

Tatang menjelaskan, panitia telah melakukan serangkaian perbaikan, supaya tidak ada lagi peserta pameran yang menjual produknya di atas harga pasar. “Panitia telah mengambil tindakan tegas kepada peserta yang melanggar komitmen tersebut. Kami tegaskan sekali lagi, bahwa Jakbook & Edu Fair 2015 memberikan harga terbaik kepada para pengunjung,” ujarnya.

Ketua Ikapi DKI Jakarta Afrizal Sinaro menegaskan Ikapi DKI Jakarta tetap berkomitmen untuk menyelenggarakan Jakbook & Edu Fair 2015 sampai selesai. “Dan sejak hari ini sampai penutupan tanggal 3 Agustus 2015, Jakbook & Edu Fair 2015 siap melayani pengguna Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan pengunjung umum,” tutur Afrizal Sinaro.

Corsec Bank DKI Zulfarshah pun menegaskan, Bank DKI akan terus mendukung Jakbook & Edu Fair 2015 hingga selesai. “Sebagai sponsor utama, kami akan tetap mendukung penyelenggaraan Jakbook & Edu Fair 2015 hingga selesai pada 3 Agustus 2015,” ungkap Zulfarshah. n

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement