Ahad 02 Aug 2015 19:48 WIB

Dinkes Pemkot Depok akan Tes Kebugaran PNS

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Ilham
Pegawai Negeri Sipil (PNS)
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Pegawai Negeri Sipil (PNS)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota Depok akan mengadakan tes kebugaran bagi  PNS Eselon II, III, dan IV pada 10 hingga 14 Agustus 2015, mendatang. Tes ini akan dilaksanakan di Balai Kota Depok, Jawa Barat.

''Sebelumnya akan dilakukan pemeriksaan fisik, pengukuran lemak tubuh, kemudian baru akan dilaksanakan tes tersebut,'' ujar Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan (Yandasru) Dinkes Pemkot Depok, Zakiah, Ahad (2/8).

Zakiah mengatakan, tes ini nantinya akan menggunakan alat sepeda statis (ergocycle) yang bertujuan untuk memonitor fungsi otot, tulang, syaraf, dan aliran darah. Tiap satu orang nantinya akan diuji menggunakan ergocycle tersebut selama 30 menit. Adapun hasilnya akan digunakan untuk menentukan olahraga apa yang cocok dilakukan oleh para pejabat tersebut. ''Evaluasi kebugaran ini nantinya akan kami laksanakan per 3 bulan sekali,'' terangnya.

Dia juga mengatakan, tes kebugaran ini bertujuan untuk menghindari PNS Depok masuk dalam kategori overweight dan obesitas. PNS yang memiliki tubuh berlebihan dinilai akan mengganggu kinerja mereka dalam melayani warga Depok.

''Intinya tes ini dilakukan agar PNS memiliki tubuh dan stamina ideal, dampaknya juga akan berpengaruh kepada proses pelayanan kepada warga,'' pungkas Zakiah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement