Rabu 05 Aug 2015 13:09 WIB

Tiga Pangkalan Utama TNI AL Segera Diresmikan

Rep: Issha Harruma/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksdya Ade Supandi.
Foto: Antara/Prasetyo Utomo
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksdya Ade Supandi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga pangkalan utama TNI AL (Lantamal) akan segera diresmikan. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi mengatakan, Lantamal di tiga daerah tersebut merupakan peningkatan status dari pangkalan TNI AL (Lanal).

"Terkait pembangunan kekuatan angkatan laut, kita adakan peningkatan, bukan dalam arti pembangunan baru," kata Ade usai menghadiri acara 'Seminar Nasional Hari Hidrografi Dunia' di Jakarta Utara, Rabu (5/8).

Ade mengatakan, peningkatan status tersebut merupakan hasil dari strategi angkatan laut yang sudah dirumuskan sejak lama. Ketiga lanal yang akan segera diresmikan menjadi Lantamal tersebut, yakni lanal di Pontianak, Kalimantan Barat, di Tarakan, Kalimantan Utara, dan Sorong, Papua Barat. Perubahan itu otomatis membuat perwira yang memimpin di sana juga akan ditingkatkan pangkatnya.

"Jadi, peningkatan lanal kelas B, job-nya Kolonel menjadi lanal kelas A atau lantamal, job-nya bintang satu, yang memang sudah diajukan sejak lama, namun baru kita koreksi," ujar mantan kepala staf umum TNI tersebut.

Ade menyebutkan, untuk lantamal Pontianak akan diresmikan lusa, 7 Agustus, Tarakan 12 Agustus, sedangkan Sorong pada bulan Oktober mendatang. "Persiapan udah semua. Sebentar lagi akan saya resmikan," ujarnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مَا تَعْبُدُوْنَ مِنْ دُوْنِهٖٓ اِلَّآ اَسْمَاۤءً سَمَّيْتُمُوْهَآ اَنْتُمْ وَاٰبَاۤؤُكُمْ مَّآ اَنْزَلَ اللّٰهُ بِهَا مِنْ سُلْطٰنٍۗ اِنِ الْحُكْمُ اِلَّا لِلّٰهِ ۗاَمَرَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ
Apa yang kamu sembah selain Dia, hanyalah nama-nama yang kamu buat-buat baik oleh kamu sendiri maupun oleh nenek moyangmu. Allah tidak menurunkan suatu keterangan pun tentang hal (nama-nama) itu. Keputusan itu hanyalah milik Allah. Dia telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Dia. Itulah agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

(QS. Yusuf ayat 40)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement