Rabu 12 Aug 2015 18:10 WIB

JK: Kantor Staf Kepresidenan di Bawah Seskab

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
 Presiden Joko Widodo melantik menteri kabinet baru hasil reshuffle di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8).   (Republika/Edwin Dwi Putranto)
Presiden Joko Widodo melantik menteri kabinet baru hasil reshuffle di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8). (Republika/Edwin Dwi Putranto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo telah resmi melantik lima menteri baru dan satu sekretaris kabinet, salah satunya yakni Luhut Panjaitan. Luhut yang sebelumnya menjabat sebagai kepala staf Kepresidenan pun digeser menjadi Menko Polhukam.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan, kantor Staf Kepresidenan akan berada di bawah koordinasi sekretaris kabinet setelah pergeseran Luhut menjadi Menko Polhukam.

"Sementara ini akan diberi tanggung jawab ke seskab untuk menjalankan lembaga itu," kata JK di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (12/8).

Lebih lanjut, JK mengatakan pergeseran koordinasi kantor staf kepresidenan dibawah sekretaris kabinet mulai berlaku setelah serah terima jabatan menteri.

"Ya semenjak.. Kan sudah serah terima semua. Jadi otomatis ya setelah itu akan lembaga itu akan berada di bawah koordinasi seskab," terang Kalla.

Menurut dia, kedua lembaga tersebut memiliki tugas yang hampir sama. Sehingga, tugas kantor staf kepresidenan akan dijalankan dengan koordinasi dari Seskab. Kalla pun menegaskan, perombakan menteri dalam kabinet kerja ini dilakukan untuk memperbaiki kinerja dan kondisi pemerintahan saat ini.  

Sebelumnya, tim Komunikasi Presiden, Teten Masduki mengatakan saat ini belum ada penggantian Kepala Staf Kepresidenan menyusul dilantiknya Luhut Panjaitan menjadi Menko Polhukam. Teten menyebut, ada kemungkinan akan ditunjuk pelaksana tugas.

"Namun, saya kira akan ada kekosongan. Akan segera diberhentikan dan akan segera diisi untuk Plt," kata Teten, Rabu (12/8).

Sementara itu, ketika ditanya mengenai pengganti posisinya sebagai Kepala Staf Kepresidenan, Luhut mengatakan akan masih akan berkonsultasi dengan Presiden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement