Ahad 16 Aug 2015 16:35 WIB

Pramuka Harus Bertransformasi

Red: Esthi Maharani
ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault
Foto: ROL/Fian Firatmaja
ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault menyatakan Gerakan Pramuka harus melakukan transformasi sesuai dengan kebutuhan anak muda.

"Perlunya transformasi terhadap Gerakan Pramuka yang sesuai dengan kebutuhan anak muda pada saat ini merupakan sebuah tuntutan kondisi," kata Adhyaksa dalam Upacara Hari Pramuka 2015 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta, Ahad (16/8).

Dalam acara yang juga dihadiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Adhyaksa mengatakan Gerakan Pramuka yang diminati oleh kaum muda harus dapat mengikuti perkembangan agar tidak kuno dalam era digital dewasa ini.

"Kita ketahui bersama bahwa hampir semua orang termasuk peserta didik memiliki alat komunikasi berupa telepon genggam, bahkan smartphone," katanya.

Ia menyebutkan anak-anak yang lahir antara tahun 1990-an dan 2000-an merupakan generasi cyber yang lebih banyak menghabiskan waktunya online dalam waktu 24 jam dan berperan sebagai citizen journalism yang selalu update statusnya.

"Generasi yang ada saat ini adalah generasi yang telah melampaui kita di sini. Generasi tulis yang menggunakan kertas dan pensil bahkan telah melampaui generasi komputer dan internet," katanya.

Menurut dia, mereka adalah generasi yang mengungkapkan hal-hal yang dilihat dan dirasakan saat ini dalam bahasa media sosial. Mereka disebut generasi C yang berarti content, connected, digital creative, cocreation customize, curiousity, dan cyborg.

"Kami sebagai Kwarnas Gerakan Pramuka dan seluruh jajaran pengurus seluruh Indonesia telah menangkap fenomena ini pada era kebebasan berkomunikasi," katanya.

Bila tidak dapat berperan sesuai dengan keinginan kaum muda, lanjut dia, maka lambat laun Pramuka akan ditinggalkan anggotanya.

"Pramuka baru harus keren, asyik, gembira, dan menyenangkan dengan tetap berlandaskan Satya dan Darma Pramuka," katanya.

Tantangan bagi para pembina Pramuka yang harus kreatif dalam membina peserta didik di gugus depan sehingga bangga menjadi bagian dari ruh dan jiwa Gerakan Pramuka.

"Begitu pula, para pelatih harus mengembangkan dan menerpkan teknologi pendidikan yang relevan dengan zamannya tanpa melupakan prinsip dasar dan metode kepramukaan," kata Adhyaksa Dault.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement