Ahad 30 Aug 2015 14:35 WIB

Seafood Paradise di JFC 2015 Curi Perhatian Masyarakat Jember

Red: Winda Destiana Putri
Jember Fashion Carnaval 2015
Foto: Dok: Sendi A Saputra
Jember Fashion Carnaval 2015

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Kostum unik kuliner laut yang dibawa 40 model dari kontingen DPD Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) Provinsi Kepri dalam Wonderful Archipelago Carnival Indonesia (WACI) mendapat sambutan hangat penonton di Jember, Sabtu (29/8).

Kontingen DPD Akari Kepri dalam kegiatan memeriahkan Jember Fashion Carnival (JFC) itu mengusung tema "Seafood Paradise" dengan menampilkan aneka kuliner laut yang terdiri dari udang, kerang, lobster, ikan, kima, cumi-cumi serta gonggong.

Aneka kostum yang dikemas unik tersebut mencuri perhatian penonton dengan ditandai banyaknya warga yang mengabadikan penampilan para talen Akari Kepri baik dengan kamera maupun telepon genggam saat peserta Kepri melintas, bahkan banyak yang berselfie dengan talen.

"Saya pernah ke Kepri dan makanan lautnya memang enak. Jadi lucu dan unik saat dijadikan baju karnaval," ujar Rauyani seorang penonton saat ditemui di tribun penonton.

Sementara itu Ketua DPD Akari Kepri Silvia Kusumaningtias mengatakan 40 talen yang tampil membawa ragam kostum kuliner laut khas Kepri itu berasal dari para pengiat seni baik di Batam, Tanjungpinang dan Lingga.

"Mereka mendesain sendiri, membuat sendiri dan membiayai sendiri kostum yang mereka rancang dan pakai. Mereka antusias menampilkan ciri khas Kepri," ujar Sivia.

Menurut dia, tahun ini kali kedua DPD Kepri tampil dalam WACI setelah tahun lalu mengusung tema Cogan yakni regelia kerajaan Riau Lingga dalam kegiatan serupa.

"Melalui kostum yang unik ini kami membawa pesan bahwa surga kuliner laut ada di Kepri," katanya.

WACI merupakan wadah bagi komunitas karnaval daerah yang dibentuk Direktorat Pengembangan Wisata Minat Khusus, Konvensi, Insentif dan Event (MICE) Ditjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Melalui wadah tersebut kini telah berhimpun sembilan provinsi yakni Jawa Timur, Kepri, Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Bali, Aceh, Nusa Tenggara Timur dan Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement