Ahad 06 Sep 2015 22:54 WIB

Binus University Raih Akreditasi ABET

Red: Dwi Murdaningsih
Bendungan, salah satu karya di bidang teknik sipil. (ilustrasi)
Foto: conceptcontrol.smugmug.com
Bendungan, salah satu karya di bidang teknik sipil. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga jurusan yang ada di Binus University mendaparkan akreditasi tingkat dunia. Program studi Teknik Industri, Sistem Komputer dan Teknik Sipil resmi menerima akreditasi tingkat dunia dari The Engineering Accreditation Commission (EAC) of ABET. ABET merupakan badan akreditasi non profit dan non pemerintah dari Amerika.

Pencapaian ini menjadikan Binus sebagai kampus pertama yang mendapatkan akreditasi ini. Ketua Pesiapan Akreditasi ABET untuk Binus University Ho Hwi Chie mengatakan akreditasi ini menjadikan tiga program studi tersebut menjadi diakui internasional. Dengan begitu, menurut dia, lulusan  Teknik Sipil, Teknik Industri dan Teknik Sipil Binus akan memiliki peluang semakin besar untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Hal ini disebabkan lantaran perusahaan bergengsi di Amerika menerima lulusan lembaga pendidikan yang terakreditasi ABET. "Akreditasi ABET yang telah diraih oleh jurusan Teknik Industri, Sistem Komputer dan Teknik Sipil menjadi bukti bahwa jurusan tersebut diakui secara internasional," ujar dia, baru-baru ini.

Ketua Jurusan Sistem Komputer Endra mengatakan proses akreditasi ABET di Binus memerlukan waktu empat tahun. "Mahasiswa yang lulus dari program studi yang telah terakreditasi ABET dipercaya oleh employer di dunia yang telah memiliki standar global di bidang teknik, dimana banyak lowongan pekerjaan di dunia bidang engineering mensyaratkan lulusan dari porgram studi yang terakreditasi ABET," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement