Selasa 08 Sep 2015 05:46 WIB

Tips Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Rep: C04/ Red: Winda Destiana Putri
Penderita penyakit ginjal (ilustrasi).
Foto: Ahchealthenews.com
Penderita penyakit ginjal (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit batu ginjal memang cukup mengganggu aktifitas sehari-hari. Namun menurut dokter ahli Urologi, RS Siloam Kebon Jeruk, dr Wempy Supit, SpU, penyakit ini tentunya dapat di cegah dengan melakukan berbagai cara, diantaranya adalah sebagai berikut.

Kurangi mengonsumsi daging

Menurut dr Wempy, terlalu banyak mengonsumsi daging akan memperbesar peluang terjadinya batu ginjal akibat timbunan lemak yang dihasilkan akan mengendap ke dalam ginjal. Seperti yang telah kita ketahui, ginjal berfungsi sebagai penyaring atau filter guna membuang zat-zat sisa dalam darah.

Perbanyak minum air putih

Komponen yang ada dalam tubuh kita sebagian besar adalah air. Maka sangat penting bagi kita untuk mengkonsumsi delapan gelas air putih setiap hari guna mencukupi kebutuhan tubuh tersebut. Selain itu, air berguna untuk membersihkan ginjal dari zat-zat berbaha.

Batasi asupan garam ke dalam tubuh

Hal ini dapat memicu perubahan Ph pada urin, sehingga Ph menjadi sangat rendah dan kristal-kristal bakal calon batu ginjal akan mudah menempel menjadi satu. Sementara itu dr Wempy juga menyarankan agar kita tetap membatasi segala macam jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh kita walau rasa dari makanan tersebut begitu menggiurkan dan sangat enak.

"Makanan yang kita konsumsi perlu di batasi. Supaya tidak membahayakan tubuh, walau rasa dari makanan tersebut mungkin sangat enak bagi kita. Lebih baik kita mencegah penyakit batu ginjal dibanding harus mengobati," ungkap sang dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement