Kamis 10 Sep 2015 08:03 WIB

Tips Memilih Asuransi Kesehatan (1)

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Perencana keuangan menyarankan Anda memilih asuransi kesehatan yang paling sesuai dengan kebutuhan.
Foto: bjp
Perencana keuangan menyarankan Anda memilih asuransi kesehatan yang paling sesuai dengan kebutuhan.

REPUBLIKA.CO.ID, Memiliki asuransi kesehatan adalah langkah finansial yang sangat dianjurkan untuk dimiliki bagi setiap orang. Akan tetapi, dengan banyaknya penawaran, banyak orang jadi bingung mana yang harus mereka pilih agar asuransi kesehatan jadi benar-benar bermanfaat.

Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli asuransi kesehatan. Seperti disampaikan oleh perencana keuangan dari Tatadana Consulting, Tejasari CFP, kepada Republika.co.id, Kamis (10/9).

Tejasari menjelaskan asuransi kesehatan memiliki dua jenis pembayaran, yaitu secara reimburse atau dengan menggunakan kartu. Sistem reimburse biasanya memerlukan proses, sehingga pasien harus membayarkan dulu biaya dokter atau rumah sakit, baru bisa ditagih ke pihak asuransi.

Sementara sistem kartu memudahkan proses saat di rumah sakit, karena tidak ada pembayaran yang dilakukan. Semuanya akan diurus oleh pihak asuransi. Tentu saja, sistem reimburse biasanya lebih murah preminya dibandingkan dengan menggunakan kartu.

Menurutnya, beberapa asuransi kesehatan memiliki rumah sakit langganan yang masuk dalam daftarnya. Coba cek daftar rumah sakit dari asuransi tersebut, apakah ada nama rumah sakit yang dekat dengan rumah atau yang biasa dikunjungi.

"Kalau tidak ada, maka kita harus mau datang ke rumah sakit yang ada dalam daftar mereka. Tentu saja hal ini kita lakukan untuk mempermudah proses pembayarannya," jelasnya.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui jenis biaya yang diganti. Ada tiga jenis penggantian, yang pertama adalah biaya rawat jalan, yaitu biaya pergi ke dokter dan obat tanpa dirawat di rumah sakit.

Yang kedua adalah biaya rawat inap, memberikan penggantian biaya apabila harus dirawat dirumah sakit. Penggantia diberikan mulai dari biaya dokter, obat, operasi dan lainnya. Dan Yang ketiga adalah biaya harian rawat inap, memberikan penggantian biaya dengan menghitung secara harian jumlah hari dirawat di rumah sakit.

"Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Biaya penggantian rawat inap adalah yang paling umum dan banyak dimiliki, karena memang jenis biaya inilah yang paling dibutuhkan," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement