Selasa 20 Oct 2015 13:30 WIB

Astronom Klaim Temukan Planet Tempat Tinggal Alien

Red: Nur Aini
Ilustrasi pembentukan planet baru.
Foto: Antara
Ilustrasi pembentukan planet baru.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Astronom mengklaim telah menemukan objek besar di luar angkasa yang bisa diduga sebagai bagian peradaban alien. Astronom dari Universitas Penn State Jason Wright mengatakan pihaknya akan menerbitkan laporan tentang sistem perbintangan yang mencurigakan.

"Saya tidak bisa menjelaskan ini apa dan itulah mengapa itu menjadi menarik, sangat keren, ini hanya tidak masuk akal," ungkapnya seperti dikutip the Independent, akhir pekan lalu. 

Ia menilai alien selalu menjadi hipotesis terakhir yang dipertimbangkan. "Tapi, ini seperti sesuatu yang akan kamu duga seperti peradaban alien. Saya sangat kagum dengan betapa menakjubkannya itu terlihat," ujarnya. 

Bintang yang bernama KIC 8462852 ini terletak tepat di atas galaksi bima sakti, di antara konstelasi Cygnus dan Lyra. Obyek ini pertama kali menarik perhatian astronom pada 2009 saat Teleskop Kepler mengidentifikasi obyek yang mengorbit seperti planet bumi. Namun, obyek tersebut ternyata memiliki pola cahaya yang aneh dibandingkan dengan bintang lainnya.

Kepler bekerja dengan menganalisis cahaya dari planet jauh di jagat raya, mencari peubahan yang terjadi saat planet bergerak di depan bintang. Namun, cahanya dari KIC 862852 tidak terlihat memiliki pola yang normal untuk sebuah planet. "Kami belum melihat bintang seperti ini. Ini sungguh aneh. Kita pikir ini kesalahan data atau gerakan dari pesawat luar angkasa, tapi semua sudah dikonfirmasi,' ujar peneliti dari Yale, Tabetha Boyajian. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement